Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis
Abstract
This study aims to produce learning modules android-based mobile learning the interesting, easy, useful and effective for use as a supplement to learning physics. The method used are research and development using ADDIE development model. The study involved a class XI student of SMAN 1 Purbolinggo IPA1 in East Lampung. The validity of the data obtained from test design and phisyc contents, practitioners test, and test the readability using a questionnaire. The results from testied the attractiveness of the design experts obtained a score of 3.70, 3.00 test phisyc contents, practitioners test of 3.00, while the attractiveness of the readability test of 3.31, 3.33 and usefulness 3.53 ease. According to the research done, it can be concluded that the quality of the product development is very interesting, easy, useful to be used as a supplement learning.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran modul mobile learning berbasis android yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPA1 di SMAN 1 Purbolinggo Lampung Timur. Data kevalidan yang diperoleh dari uji ahli desain dan materi, uji praktisi, dan uji keterbacaan menggunakan angket. Hasil dari uji ahli desain diperoleh skor kemenarikan 3,70, uji ahli materi 3,00, uji praktisi 3,00, sedangkan uji keterbacaan kemenarikan 3,31, kemudahan 3,33 dan kebermanfaatan 3,53. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas dari produk pengembangan sangat menarik, mudah, bermanfaat untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran.
Kata Kunci: android, fluida statis, mobile learning, modul pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Arifianto, Teguh. 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: ANDI.
Aritonang dan Satyaputra. (2014).Beginning Android Programming with ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.
Huda, Arif Akbarul. (2013). Live Coding! 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta: ANDI.
Kanginan, Marthen. 2006. Fisika untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol 8, No. 1. [online]. Tersedia: http:// journal.uny.ac.id/index.php/Jep/article/view/706/570. Diakses 15 Mei 2016.
Purwantoro, Sugeng, Heni Rahmawati, dan Achmad Tharmizi. (2013). Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal. Politeknik Caltex Riau. (Vol 1 hlm 177).
Sulistyo, Apri Dwi.2012. Pengembangan Mobile Learning Menggunakan Schoology Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA. Vol 4. No 3. 75.
Supiyanto.2006. Fisika untuk SMA kelas XI Jilid 2. Jakarta. Phibeta.
Suryadi, Ace. 2007. Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran. Universitas Krisnadipayana. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Vol 8. No 1. 83-98.
Suryaningsih, Nunik Setiyo. 2010. Pengembangan Media Cetak Modul Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VII Semester 1 Di SMPN 4 Jombang. Surabaya: Skripsi yang tidak dipublikasikan.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Unila.
Tamim.2008. m-learning. https://mtamim.files.wordpress.com/2008/12/ mlearn_tamim.pdf. Diakses pada tanggal 14 Mei 2016
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.