Implementasi Modul Pembelajaran Berbasis LCDS untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA

Yunita Nuralinda, I Dewa Putu Nyeneng, Wayan Suana

Abstract


This study aim to determine the improvement of students conceptual mastery in the implementation of LCDS-based learning module. The sample of this research was students of X IPA1 and X IPA2 class of SMA Negeri 1 Abung Selatan. This research was conducted using Pretest-Posttest Control Group Design type and the data retrieval technique used was the test technique. Data were the tested with N-gain analysis, normality test, homogeneity test and Independent Sample T-test. Results of the Independent Sample T-test value was the Sig value. (2-Tailed) less than 0.05 ie 0.000, it can be stated there is an increase in conceptual mastery in the implementation of LCDS-based learning module. Based on the N-gain value, the average N-gain mastery of the students concept in the experimental class was 0.62 with the medium category, while the control class with the medium category was 0.48. Application of LCDS-based learning module able to improve mastery of student concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dalam penerapan modul pembelajaran berbasis LCDS. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 dan XIPA2 SMA Negeri 1 Abung Selatan. Penelitian ini dilakukan menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Group Design dan teknik pengambilan data yang digunakan ialah teknik tes. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0.05 yaitu 0.000, maka dapat dinyatakan terdapat peningkatan penguasaan konsep dalam penerapan modul pembelajaran berbasis LCDS. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain penguasaan konsep siswa pada kelas eskperimen sebesar 0,62 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,48. Penerapan modul pembelajaran berbasis LCDS mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa.


Kata kunci: LCDS, Modul Pembelajaran, Penguasaan Konsep


Full Text:

PDF

References


Aremu, Ayotola dan Bamidele Michael Efuwape. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology-Issues on Acceptability and Usability in Nigeria. American Journal Of Education Research. 1 (2): 41-48.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Budiningsih,C.Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, Kori. 2013. Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Riau. 5 (4): 243-252.

Khasanah, N. 2016. Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran. 2 (1): 50-54.

Nana. 2006. Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Meremediasi Miskonsepsi Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan IPA. 2 (1): 33-43.

Putri, Dwi Fista Setyo, Suparmi dan Sarwanto. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Fluida Di SMKN 6 Surakarta. Jurnal Inkuiri. 3 (1): 1-10.

Sadiman, Arif, Rahardjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sujanem, Rai, I Nyoman Putu Suwindra, dan I Ketut Tika. 2009. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha. 42 (2): 97-104.

Suryani, Yani. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Skripsi. Unila: Bandarlampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.