Pengaruh Skill Multirepresentasi dalam Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa

Ni Nyoman Ayu Mandalasari, Feriyansyah Sesunan, Eko Suyanto

Abstract


This study aims to determine the effect of multireperentation skills in cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) on student physics learning outcomes. This research was conducted in SMAN 1 Seputih Raman, in the even semester of academic year 2016/2017, with One-Shot Case Study research design. The population of this research is all students of class XI IPA and sample of this research is 33 students of class XI IPA5. Research data obtained through the test using the description problem. From a simple linear regression test obtained coefficient of determination of 0.675. This means there is a positive and significant linear influence between multirepresentation skill in TGT cooperative learning to student physics learning result, that is equal to 67,5% with RSquare equal to 0,675.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skill multirepersentasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Seputih Raman, pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan sampel penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPA5. Data penelitian diperoleh melalui tes soal uraian. Dari uji regresi linier sederhana diperoleh nilai koofisien determinasi sebesar 0,675. Hal ini berarti terdapat pengaruh linier yang positif dan signifikan antara skill multirepresentasi dalam pembelajaran kooperatif TGT terhadap hasil belajar fisika siswa, yaitu sebesar 67,5% dengan RSquare sebesar 0,675.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Skill Multirepresentasi, Teams Games Tournament,

Full Text:

PDF

References


Dwi, Ismi. 2013. Pengaruh Kemanpu-an Representasi Visual terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pem-belajaran Fisika, Vol. 2, No. 5, pp. 81-93.

Pahini, Nani. 2013. Pengaruh Skill Multirepresentasi Siswa terha-dap Hasil Belajar Fisika pada Model Pembelajaran Exsclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 2, No. 5, pp. 123-134.

Sanjaya, Wina. 2009. Perancangan dan Desain Sistem Pembelaja-ran. Jakarta: Kencana

Slavin, Robert E. 1976. Teams Games Tournament. Tersedia dalam: https://eric.ed.gov/?id=ED133315. [Diakses 13 Januari 2017]

Waldrip, B., Prain, V. & Carolan, J. 2006. Learning Junior Secon-dary Science through Multi-Mo-dal Representations. Electronic Journal of Science Education, Vol. 11, No. 1, pp. 86-105.

Yusup, M. 2009. Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. Ter-sedia dalam: http://eprints.unsri .ac.id/1607/1 [Diakses 18 Januari 2017]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.