Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Clara Aldila, Abdurrahman Abdurrahman, Feriansyah Sesunan

Abstract


One of learning approachthat can be used to practice the skills of creative thinking is a STEM learning approach. It is effective if supported by teaching materials in the form of the worksheets. This study uses research and development methods. The result of the design and content test shows that the product is very decent. Test of attractiveness, convenience, and usefulness performed by students, the attractiveness of the results obtained with a score of 3.16, the convenience with a score of 3.41 and the usefulness with a score of 3.44. The research design is quasi-experimental design in the form of pre-post nonequivalent control group design.The results of the effectiveness test known that the value of n-gain experimental class (0.71)> control class (0.45). It can be concluded that the worksheets by STEM approach have been effective in training students' creative thinking skills.

Salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif adalah pendekatan pembelajaranSTEM. Hal tersebut efektif jika didukung dengan bahan ajar berupa LKPD Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development. Telah dilakukan uji validasi terdiri dari uji ahli desain serta uji ahli materi dan produk dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dilakukan oleh siswa dan diperoleh hasil kemenarikan dengan 3,14, kemudahan dengan skor 3,34 dan kemanfaatan 3,38. Desain penelitian yang digunakan adalahquasi experimental designdalam bentuknonequivalent pre-post control group design.Berdasarkan hasil uji efektivitas, maka nilaigainkelas eksperimen (0,71) > kelas kontrol (0,45). maka dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatanSTEMtelah efektif dalam melatih keterampilan berpikir kreatif siswa.

kata kunci:berpikir kreatif, lkpd, pendekatan stem, pengembangan



Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator:Merancang pembelajaran sains inovatif berbasis riset. Yogyakarta: Media Akademi.

Beladina, Suyitno, dan Kusni. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), Vol. 2(3), 36-39.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Parwati, R., Anna Permanasari, Harry Firman, Tatang Suheri (2015). Studi pendahuluan: Potret mata kuliah Kimia Lingkungan di beberapa LPTK. Jurnal JPII, UNNES, Semarang. Vol 4(1), 1-7.

Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Prastowo.

Pertiwi, S., Abdurrahman, dan Rosidin, Undang. 2017. Efektivitas LKS STEM untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5(2), 11-19.

Pusfarini, Abdurrahman, dan Jalmo, Tri. 2016. Efektivitas LKPD Sains Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kecakapan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. 6(1), 86-96.

Rissanen, A. 2014. Active and Peer Learning in STEM Education Strategy. Science Education International, Vol. 25(1), 1-7.

Silver. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathemathical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. International Review on Mathematical Education. Vol. 29, 75-80.

Subagyo, Y. Wiyanto dan Marwoto. 2008. Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.Vol. 5(1).

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009.Bandarlampung: Unila

Sugiono, 2011. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.