PENGEMBANGAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI

Nurul Etiya Fatmala, I Dewa Putu Nyeneng, Wayan Suana

Abstract


The objective of this research development is to : (1) produce multiple representation contextual teaching module of gravity in newtons law, and (2) to know the attractiveness, convenience, benefit and effectiveness of learning module. The procedur of development include requirements potential and problems, information gathering, product design, product validation, design revisions, product testing, product revisions, trial usage, product revisions. The results showed that the learning module is very interesting with a score of 3.46, very easy with a score of 3.42, and useful with a score of 3.10. In the test of effectiveness obtained result of N-gain value is 0,53 (medium). Based on the results of research, it can be concluded that multiple representation contextual teaching module representing Newton's Law material about Gravity has proven effective to use as teaching material.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang gravitasi, dan (2) mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan serta keefektifan modul pembelajaran. Tahapan pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran sangat menarik dengan skor 3,46, sangat mudah dengan skor 3,42, dan bermanfaat dengan skor 3,10. Pada uji keefektifan produk diperoleh hasil nilai N-gain yaitu 0,53 (sedang). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi telah teruji efektif digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Hukum Newton tentang Gravitasi, Modul Pembelajaran, Multirepresentasi, Pembelajaran Kontekstual, Pengembangan


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Apriliyawati, & Payudi. 2008. Limitation of representation mode in learning gravitational concept and its influence toward student skill problem solving. Proceeding Of The 2nd International Seminar on Science Education. PHY - 31: 373 377.

Abdurrahman, Liliasari, A.Rusli, & Bruce Waldrip. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis MultiRepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan th.XXX. No 1. (Online). Vol. 2 (3), Hal. 159-165.

Asfiah, Nailin, dan Mosik. Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 2252-6609. Universitas Negeri Semarang.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Finnajah, Mutamimmah. 2016. Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar. Jurnal Radiasi Vol. 8 (3), Hal. 1-7.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Jaya, Sang Putu Sri. 2011. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Semester 2 di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran. Vol. 1 (2), Hal. 2-5.

Kohl, Rosengrant & Frankelstein. 2007. Strongly and weakly directed approaches to teaching multiple representation use in physics. Journal Physical Review Special Topics Physics Education Research 3 University of Colorado at Boulder. Vol. 3. (3), Hal. 1-10.

Suryaningsih. 2010. Pengembangan Media Cetak Modul sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Jakarta: Salemba Empat.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandi, A.2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha dan Energi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISNN: 1693-1246. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.