PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TOPIK PEMBIASAN CAHAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
This study aims to determine the effect of student worksheet based on guided inquiry on the ability of critical thinking and improvement. The sample of this research is the students of class VII G and VII F SMPN 3 Natar. The research design used is Pretest-Posttest Control Group Design. Based on the results of the Independent Sample T-test, the value of Asymp. Sig. (2-Tailed) is less than 0.05 ie 0,000, it can be stated that the guidance of the student worksheets on critical thinking skills. The average value of N-gain critical thinking ability in the experimental class is 0.43 in the medium category, while the control class with the low category is 0.25. Based on the data, the experimental class data it has an improved N-gain average of critical thinking better than control class.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan peningkatannya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G dan VII F SMPN 3 Natar. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis. Nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori rendah sebesar 0,25. Berdasarkan data yang diperoleh, kelas eksperimen memiliki peningkatan rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata Kunci:inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, lembar kerja siswa
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama.
Anggareni, N.W., Ristiati, N.P., dan Widiyanti, N.L.P.M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. www.undana.ac.id. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 3. No. 1. Hal. 1-11.
Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azizah, N.H., Jayadinata, A.K., Gusrayani, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. www.upi.edu Jurnal Pena Ilmiah.Vol. 1. No. 2. Hal. 51-60.
Damayanti, D.S., Ngazizah, N., dan Setyadi, E. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. www.upp.ac.id. Journal Progam Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol. 3. No. 1. Hal 58-62.
Kurniawati, I.D., Wartono., Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Intergrasi Peer Intruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. www.unnes.ac.id. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vo. 10. No. 1. Hal. 36-46.
Munandar, Utami. 2001. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Rahma, N.A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan Sets Materi Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan untuk Menumbuhkan Kemempuan Berpikir Kritis dan Empati Siswa terhadap Lingkungan. www.unnes.ac.id. Journal of Educational Research and Evaluation. Vol. 1. No. 2. Hal. 133-138.
Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas Lks Stem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5. No.2. Hal 11-19.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sochibin, A., Dwijananti, P., dan Marwoto, P. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin untuk Peningkatan pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. www.unnes.ac.id. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 5. No. 2. Hal 96-101.
Sintia, R., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS Model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 3. No. 2. Hal. 125-134.
Sumiati., dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Penada Media Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.