PENGARUH SKILL REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL

Eka Rohmiati, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


This research has been conducted in SMA Negeri 1 Trimurjo using 28 students as the sample, the design of this research was One-Shot Case Study. Data were tested using correlation and simple linear regrression. The results of this test showed that there was a positive linear effect and significant between mathematical representation skill and learning outcomes, the percentage of R square is 67.24%, it means that 67.24% by 28 as the value of determination coefficient (R Square).


Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Trimurjo dengan jumlah sampel 28 siswa menggunakan desain tipe One-Shot Case Study. Data tersebut diuji menggunakan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil uji ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara skill representasi matematis dan hasil belajar fisika dengan kontribusi sebesar 67,24 % yang merupakan nilai koefisien determinasi (R Square).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Skill Representasi Matematis



Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Liliasari., Rusli A., & Bruce W. 2008. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Pendidikan Cakrawala. (Online). Vol. 1, No. 1, Hal. 32. Tersedia: http://www.academia.edu/2884760/.pdf. Diakses pada 19 Oktober 2016.

Purnamaningrum, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 4, No. 3, Hal. 3-4.

Rizal, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multirepresentasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 2, No. 3, Hal. 159-165.

Sabirin, M. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 01, No. 02, Hal. 33-44.

Sari, Putri Rahayu Wulan. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4, No. 6. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharto. 2008. Korelasi Nilai Matematika Dengan Nilai Fisika Pada Siswa MAN Cikarang Tahun Pelajaran 2007-2008. (Online). Vol. 1, No. 2, Hal. 31-34. Tersedia: http://www.Mancikarang.Sch.Id. Diakses pada 14 Oktober 2016.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Widiningtiyas, L., dan Fauzi B. 2015. Pengaruh Pendekatan MultiRepresentasi dalam Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 1, Hal. 32.

Yusup, M. 2009. Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. Naskah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Palembang: Universitas Sriwijaya. (Online). Vol. 1, No. 1, Hal. 33. Tersedia: http://eprints.unsri.ac.id/1607/1/Multirepresentasi_dalam_Fisika.pdf. Diakses 10 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.