PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PEMAHAMAN KONSEP

Gita Aldira Abelta, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


The purpose of this research was to find out the influence of use a student worksheets based on guided inquiry to the student achievement through the understanding of the concept. The research was conducted in SMPN 3 Natar with non-equivalent control group design. Data were tasted using independent sample T-test. The results of this test showed that there is a significant influence on student study achievement with the values obtained Sig. (2-tailed) 0.00. The students understanding studying a using student worksheets based on guided inquiry in understand concept is 51.30%, not understand the concept is 44.70%, the lucky guess is 10.00%, and misconception is 3.20% of all students experimental class.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar melalui pemahaman konsep. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Natar dengan desain non-equivalent control group. Data tersebut diuji dengan menggunakan uji independent sample T-test. Hasil uji ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran menggunakan LKS inkuiri terbimbing paham konsep 51,30%, tidak paham konsep 44,70%, lucky guess 10,00% dan miskonsepsi 3,20% dari seluruh siswa kelas eksperimen.

Kata kunci: LKS Inkuiri Terbimbing, Pemantulan Cahaya, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Bumi Aksara. Jakarta

_________. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Dewi, NL., Dantes, N., dan Sadia, IW. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 3 Nomor 1 Halaman 9. Universitas Pendidikan Ganesha (Online). Tersedia di pasca.undiksha.ac.id diakses pada 08 Desember 2016

Hardiyanti, ND. 2016. Pengaruh Penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statisdi SMAN 1 Seputih Mataram. Jurnal pendidikan fisika.Universitas Lampung (On Line). Volume 4 Nomor 1 Halaman 5-9. Tersedia di digilib.unila.ac.id diakses pada 4 maret 2017

Priyatno, D. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta. Gaya Media

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.Bandung

Suhandi, A., dan Wibowo, FC.2012. Pendekatan Multi representasi dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Volume 8 Nomor 1 Halaman 1-7. Universitas Pendidikan Indonesia (On Line). Tersedia di journal.unnes.ac.id. diakses pada 30 Oktober 2016

Sumiati., dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima. Bandung

Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tangkas, IM. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura. Jurnal pendidikan IPA. Volume 2 Nomor 1 Halaman 7-9. Universitas Pendidikan Ganesha (On line). Tersedia di pasca.undiksha.ac.id diakses pada tanggal 4 maret 2016.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Wahyudin., Sutikno., dan Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 6 Nomer 1 Halaman 58. Universitas Negeri Semarang (On line). Tersedia di journal.unnes.ac.id. diakses pada 24 September 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.