PENGARUH HANDS ON MINDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI INKUIRI TERBIMBING
Abstract
This experimental study aims to determine the effect of hands-on minds on activity against students learning outcomes through guided inquiry. The experimental design is a one-shot case study, the population was that all of class X SMAN 2 Metro on even semester of academic year 2016/2017. Samples were students of class X IPA 2 were taken using cluster random sampling. The results of simple linear regression test is concluded that there is a positive and significant correlation between hands on minds on activity of the student learning outcomes in the cognitive domain through guided inquiry. The magnitude of the effect of hands-on minds on activity against students learning outcomes in the cognitive domain through guided inquiry amounted to 64.5 %.
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hands on minds on activity terhadap hasil belajar siswa melalui inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hands on minds on activity terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif melalui inkuiri terbimbing. Besarnya pengaruh hands on minds on activity terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif melalui inkuiri terbimbing sebesar 64,5 %.
Kata kunci: Hands On Minds On Activity, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing
Full Text:
PDFReferences
Aini Khurrotul dan Kusumawati D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Hands On Minds On Activity untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 3 (1), 99-105.
Cleaver, Samatha. 2012. Hands-On Is Minds-On. Artikel. http://www.scholastic.com/browse/article.jsp?id=3751901. Diakses Tanggal 20 Oktober 2016
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, Muslimin. 2010. Fenomena Fisika Model Pembelajaran Inkuiri. (Online), tersedia: http//www.fisika21.wordpress.com. Diakses Tanggal 15 Oktober 2016.
Kartono. 2011. Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 (2), 21-32.
Lapono, Nabisi. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Riyanti. 2009. Pembelajaran Biologi Dengan Group Investigation Melalui Hands On Activities Dan E-learning ditinjau dari Kreativitas dan Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang T.P 2008/2009 Materi Ekosistem). Tesis. (Tidak dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sani, Abdullah S. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Thobroni M. 2015. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahyudi, Lutfi E. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol.2 (2), 62-65.
Wulandari, Bekti. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.3 (2), 178-180.
Yuliati, D. 2011. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activity Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 3 (7), 23-27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.