PENGARUH SKILL REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Banyak siswa yang menganggap bahwa fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan karena banyak rumus dan konsep fisika yang harus dihapal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh skill representasi matematis terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Pringsewu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 berjumlah 35 siswa, dengan desain penelitian One Shot Case Study Design. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara skill representasi matematis tehadap hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning.
Kata Kunci:Discovery Learning,Hasil Belajar, SkillRepresentasi Matematis
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Liliasari, dan Bruche. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 1. No.01. Hal: 30-45.
Artha, Ria Anzani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Unila. (Online). Tersedia: http://download. portal. garuda.org/ article. php, diakses tanggal 30 September 2016.
Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13. No. 2. Hal. 1-10.
Haryadi, Heni Pujiastuti. 2015. Pengaruh Kemampuan Matematis terhadap Hasil Belajar Fisika. Penelitian Karya Ilmiah. ISBN: 978-602-19655-9-7. Hal 174-177. (Online). Tersedia: http://portal.fi.itb.ac.id, diakses tanggal 12 Oktober 2016.
Gunawan, Imam dan Anggaini Palupi. 2015. Taksonomi BloomRevisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal Premiere Educandum. Vol. 2. No. 2. Hal. 16-40. (Online).
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhammad, Nurdin. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 09. No. 01. Hal: 9-22.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto. 2008. Korelasi Nilai Matematika dengan Nilai Fisika pada Siswa MAN Cikarang Tahun Pelajaran 2007-2008. (Online). Tersedia: http:// www. Mancikarang.Sch.Id, diakses pada 18 Oktober 2016.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Yazid, Ahmad. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaan Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal of Primary Education. Vol. 01. No. 1. Hal. 31-37.
Yusup, M. 2009. Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. In: Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.