PENGEMBANGAN LKS PjBL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH

Hanastia Barokah, I Dewa Putu Nyeneng, Agus Suyatna

Abstract


This research aimed to develop student worksheet project based learning has been done to train science process skills and growing student scientific attitude, where learning LKS PjBL that are used have been developed and validated constructs by experts. Design in this research is research and development, with the subject test consists of test materials experts, expert design and test individuals. This worksheet project based learning is tested validated. Based on the results of validated test, in this research is got the conclusion that result of development worksheet project based learning can predicted science process skills and growing student scientific attitude.

Penelitian pengembangan LKS project based learning telah dilakukan dengan tujuan untuk melatih keterampilan proses sains dan menumbuhkan sikap ilmiah siswa, di mana LKS PjBL pembelajaran yang digunakan telah dikembangkan dan tervalidasi konstruk oleh ahli. Desain penelitian ini adalah research and development, dengan subjek uji coba terdiri atas uji ahli materi, ahli desain dan uji perseorangan. LKS diuji validasi oleh ahli materi, ahli desain serta enam orang siswa. Berdasarkan hasil uji validasi diperoleh kesimpulan bahwa LKS project based learning hasil pengembangan diprediksi dapat melatih keterampilan proses sains dan menumbuhkan sikap ilmiah siswa.

Kata kunci: penelitian pengembangan, LKS project based learning, keterampilan proses sains, sikap ilmiah.

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bender, William N. 2012. Project based learning: Differentiating st Instruction for the 21 Century. California: Corwin.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Damanik, D.P dan Bukit, N. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inquiri Training (IT) dan Direct Instruction (DI), (Online), Vol. 2, ISSN 2301-7651,(http://dikfispasca.org/wp-content/uploads/2013/08/3.-Artikel Dede-1623.pdf. diakses tanggal 20 Januari 2014).

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI

Istikomayanti, Y. 2015. "Penerapan Strategi Inkuiri dan Problem-based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses pada Mata Kuliah Ekologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kusnandiono.2009. Lembar Kerja Siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karamustafaoglu, Sevilay. 2011. Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. Eurasian J. Phys. Chem. Educ. 3(1): 2638. ISSN: 1306-3049.

Priyanto dan Harnoko.2007. Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Priyatno .D. 2010. 5 jam Belajar Dengan Olahan Data SPSS 16. Yogyakarta: CV Andi Offiset.

Rustaman, N.Y., S Dirdjosoemarto, SA Yudianto, Y Achmad, R Subekti. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI

Supriyanto, 2012. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

The George Lucas Educational Foundation. 2005 Intructional LKS PjBLe Project Based Learning (online). Tersedia: http: //www.edutopia.org/LKS PjBLes/PBL/ whatpbl.php. (7 juni 2010)

Trianto.2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publizer.

Widoyoko, S. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.