PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE CHOICE MATERI IMPULS DAN MOMENTUM
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Membuat instrumen penilaian hasil belajar fisika SMA materi pokok Impuls dan Momentum berbentuk kuis interaktif, dan (2) Mendeskripsikan reliabilitas, validitas, daya beda, dan tingkat kesukaran instrumen. Tahapan pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan program kuis interaktif reliabel dengan indeks reliabilitas 0,80; indeks validitas 0,79 dalam uji ahli dan 0,67, dalam anates; rata-rata indeks daya beda dan tingkat kesukaran, yaitu 0,26 dan 0,8125. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa adalah kuis interaktif memiliki kriteria baik serta layak digunakan sebagai instrumen penilaian pembelajaran fisika SMA.
Kata kunci: Pengembangan, Kuis Interaktif, Impuls dan Momentum, Wondershare Quiz Creator
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Febriani, dkk. 2016. Pengembangan CBT Interaktif sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, Vol 5, 23-28.
Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hernawati, Kuswari. 2009. Membuat Quis/Evaluasi dengan Wondershare Quiz Creator.dalam:http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/kuswari-hernawati-ssi-mkom/modul-wondershare.pdf diakses 22 September 2016 pukul 22.27 WIB.
Ikhwan, Munirul. 2015. Pengembangan Kuis Interaktif Tipe Fill In The Blank Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 3 (1), 28-34.
Maharta, Nengah dan Abdurrahman. 2014. Fisika Dasar 1 Mekanika dan Termodinamika. Bandarlampung: Universitas Lampung
Menani, Lili dan Oktova Raden. 2015. Analisis Butir Soal Fisika Ulangan Umum Kenaikan Kelas X Madrasah Aliyah se-Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Berkala Fisika Indonesia, Vol. 7 (1), 5-11.
Rizqiyah, Hikmatin. 2011. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Peserta didik
Kelas XI Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra UM.
Rohma, Nikmatu. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Komputer Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Dampit Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pembelajaran UNS, 1-10.
Rosidin, Undang. 2011. Dasar-dasar dan Perancangan Evaluasi Pembelajaran. Bandarlampung: Universitas Lampung
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Solekah, Maratus Siti. 2015. Pengembangan Instrumen Tes Maharah Qiraah untuk Mahapeserta didik Bahasa Arab Berbasis Komputer Menggunakan Software Lectora Inspire. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.
Subekti, Retno.2009. Perubahan Format Equation Sebagai Format Gambar Untuk Perang-kat Lunak Bantu Wondershare Quiz Creator.dalam: http://101.203.168.85/sites/default/files/pengabdian/retno-subekti-msc/makalah-ppm-wondershare.pdf diakses 21 September 2016 pukul 21.04 WIB.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sundari, Asih. 2015. Pengembangan Kuis Interaktif Tipe Multiple Respon Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 3 (1), 69-79.
Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.