PENGEMBANGAN SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR DENGAN SCHOOLOGY

Nurul Chidayati, Feriansyah Sesunan, Wayan Suana

Abstract


This study aims to produce an attractive, easy, useful and effective supplement of physics learning. The method used is research and development using ADDIE development model. The study involved students of class XI IPA3 in MAN 1 East Lampung. Data validity test experts, test 1-1, and a field test using a questionnaire while data evaluation tests evaluating the effectiveness of using online and offline. The results of the field test the attractiveness of the obtained scores of 3.31, 3.30 convenience and usefulness of 3.32 while testing the effectiveness of online and offline products earn a percentage value 100% of students have reached the KKM. According to the result, it can be concluded that the quality of the product development is very interesting, easy, useful and effective for use on cognitive aspects.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif digunakan sebagai suplemen pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPA3 di MAN 1 Lampung Timur. Data kevalidan yang diperoleh dari uji ahli, uji 1-1, dan uji lapangan menggunakan angket sedangkan data evaluasi dari uji keefektifan menggunakan tes secara online dan offline. Hasil dari uji lapangan diperoleh skor kemenarikan 3,31, kemudahan 3,30 dan kebermanfaatan 3,32 sedangkan uji keefektifan produk secara online dan offline memperoleh presentase 100% siswa telah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas dari produk pengembangan sangat menarik, mudah, bermanfaat dan efektif untuk digunakan pada aspek kognitif.

Kata Kunci: Schoology, Suplemen Pembelajaran, Gerak Melingkar



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Crata.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Glazer, Francine S. 2012. Blended Learning: Across the Disciplines, Across the Academy. [online]. Tersedia: https://books. google.co.id/ books/glazer+blended+ learning. Diakses pada 18 November 2015.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Ali. 2013. Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi dan Efektivitas Pem-belajaran Fisika Bagi Siswa SMA. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. [Online]. Tersedia: http://papers. gunadarma.ac.id/files/journals/7/ articles/14879/public/14879-41778-1-PB.pdf. Diakses 20 Desember 2016

Nieveen, Nienke. 1999. Prototy-ping to Reach Product Quality. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan., Vol 8, No. 1. [online]. Tersedia: http:// journal.uny.ac.id/index.php/Jep/article/view/706/570. Diakses 15 Mei 2016

Putri, Ni Wayan Mei Ananda., Nyoman Jampel., I Kadek Suartama. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Seririt, Jurnal Edutech Universitas Teknologi Pendidikan., Vol 2, No. 1. [online]. Tersedia: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/article/view/3796. Diakses 15 Mei 2016

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wilson, Diann., Ellen M. Smilanich. 2005. The Other Blended Learning. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books/blended+learning+generally+means+the+application+of+two+or+more+methods+or+solutions+to+a+ learning+needs.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.