PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Ibnu Ainun Najib, Agus Suyatna, Ismu Wahyudi

Abstract


The aim of research were to determine the influence of learningmodel of problem based learning to creative thinking skills of students and know the creative thinking skills of 8thgrade junior high school students in learning physics on refraction of light. Samples were students in grade 8 A as control class and 8 B as experiment class in SMP Negeri 1 Trimurjo with method Nonequivalent Control Group Design type group pretest-posttest design. Data were tested by N-gain analysis, normality test, homogeneity, independent sample t-test, and paired sample t-test. Based on the test, there is the influence of using PBL model to the student creative thinking skills and creative thinking skills is increase with medium category.


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran problem based learningterhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP kelas 8 pada pembelajaran fisika materi pembiasan cahaya. Sampel penelitian adalah siswa kelas 8 A sebagai kelas kontrol dan 8 B kelas eksperimen di SMP Negeri 1 Trimurjo dengan metode Nonequivalent Control Group Designjenis pretest-posttest group design. Data diuji dengan analisis N-gain, independen sample t-test, dan paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji, dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan kategori sedang.

Kata kunci:keterampilan berpikir kreatif,pembiasan cahaya, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Akinoglu, O. dan R.O. Tandogan. 2007. The Effect of Problem Based Active Learning of Students Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathema-thics, science & Technology Education, 3(1): 71-81.

Awang, Halizah. & Ramly, Ishak. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Peda-gogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Hu-man and Social Sciences. 3(1).

Bilgin, I., E. Senocak, dan M.Sozbilir. 2008. The Effects Of Problem-Based Learning Instruction On University Students Performance Of Conceptual And Quantitative Problems In Gas Con-cepts. Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Education, 5(2), 153-164.

De Porter, Bobbi. 2000. Quantum Teachin. Diterjemahkan oleh Ary Nilan-dari. 2003. Bandung: Kaifa.

Fatimah, N. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dengan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kemam-puan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Skrip-si.Bandung: FPMIPA Universitas Pendi-dikan Indonesia.

Lestari, N. N. S. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(2).

Munandar, Utami. 1992. Mengem-bangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurcholis, Adhi. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Artikel Ilmiah Untuk Mening-Katkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X3 Sman 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio Pedagogi Jurnal Pembelajaran Biologi, 2(2): 45-57. Diakses di http://jurnal.fkip.uns. ac.id/ index.php/pdg/article/view/5522pada tanggal 22 Oktober 2016.

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dan Pengajaran Matema-tika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembe-lajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkat-kan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2): 68-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.