PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN BERBASIS MASALAH

Wahyu Ningrum, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


The purpose of this research was to compare the learning outcomes of students who were using guided inquiry module and problem based module. This research method used Quasi Experiment with The Non-Equivalent Control Group Design research. The sample has been determined by Purposive Sampling techniques. The results showed that there were differences in student learning outcomes between guided inquiry module and problem based module in cognitive and psychomotor. The learning outcomes wich used guided inquiry module was higher than problem based module learning outcomes. Meanwhile, there was no difference of student learning outcomes in affective domain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing dan siswa yang menggunakan modul berbasis masalah. Metode penelitian ini adalah Eksperimen Semu, dengan desain penelitian The Non-Equivalent Control Group Design. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing dengan modul berbasis masalah pada ranah kognitif dan psikomotor. Hasil belajar menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada menggunakan modul berbasis masalah. Sementara itu, hasil belajar siswa pada ranah afektif tidak terdapat perbedaan.

Kata kunci: hasil belajar, modul berbasis inkuiri terbimbing, modul berbasis masalah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, H. Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University. [Online], http://www.physics. indiana.edu, di-akses pada 04 Mei 2016.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK. (Online), https://belajarpedagogi.wordpress.com/pendekatanmengajar/pembelajaran-berpusat-pada-siswa/, diakses pada 10 Februari 2016.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristin, Desmaria. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, Volume 3 Nomor 1 Halaman 105-115. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Pangestuti, Rini. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Beranah Afektif di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012 /2013. Jurnal Kultur Demokrasi, Volume 1 Nomor 2 Halaman 1-14. Lampung: Universitas Lampung.

Parwati, Arirani. 2013. Pergeseran Peran Guru Dari Pembelajaran Tradisional ke Pembelajaran Modern. (Online), http://arirani parwati. blogspot.co.id/, diakses pada 26 November 2015.

Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprawoto. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online), http://www. scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul, diakses 20 November 2015.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2007. Model Pem-belajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi-nya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Uno, H.B dan N. Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Paikem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yanti, Fitri April. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA/MA berbasis Masalah pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, Volume 4 Nomor 3 Halaman 96-103. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.