PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
This development research was intended to produce ICT based interactive learning media on the topic of Impuls and Momentum that were attractive, easy to be used, beneficial, and effective as a learning media. The development of the media was referred to the steps of research and development by Sugiyono, that were: the potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product test, product revision, application test, product revision, and production. The expert test results showed that the developed media already fit to be used as a learning media. The trial results demonstrate the quality of instructional media usage Impuls and Momentum were very attractive, easy to be used, very useful, and effective as a learning media because 77.1% students passed the standard minimum value.
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK pada materi Impuls dan Momentum yang menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif sebagai media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran interaktif berpedoman pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Hasil uji ahli menunjukkan, media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba pemakaian menunjukkan kualitas media pembelajaran Impuls dan Momentum adalah sangat menarik, mudah digunakan, sangat bermanfaat, dan efektif sebagai media pembelajaran karena sebanyak 77,1% siswa tuntas KKM.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif, pengembangan, TIK.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismaniati, Christina. 2013. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Penelitian. Yogyakarta: UNY.
Kirschner, Paul., & Wopereis, Iwan. G. 2003. Mindtools for teacher communities: A European perspective. Journal Technology, Pedagogy and Education. Vol. 12(1), 105-124.
Lemke, Cheryl., & Coughlin, Edward. C. 1998. Technology in American Schools: Seven Dimensions for Gauging Progress. A Policymaker's Guide. California: Milken Family Foundation.
Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Setiawati, Dewi., Maharta, Nengah., & Sesunan, Feriansyah. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi pada Materi Kemagnetan. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 1(3), 61-71.
Setyono,Yulian Adi., Sukarmin., & Wahyuningsih, Daru. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1(1), 118-126.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Rosyid. 2012. Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Lunak Pengolah Angka untuk Kelas XI SMA Negeri 2 WATES. Doctoral dissertation. Yogyakarta: UNY.
Suyanto, Eko & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Yuen, Allan. H., Law, Nancy., & Wong, K. C. 2003. ICT implementation and school leadership: Case studies of ICT integration in teaching and learning. Journal of Educational Administration. Vol. 41(2), 158-170.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0). license.