PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Mia Fatma Riasti, Agus Suyatna, Ismu Wahyudi

Abstract


The Interactive media used tutorial model is being needed to increase the effectiveness of impulse and momentum learning material. The aim of this research were to produce learning interactive media used tutorial model for impulse and momentum material, to describe the attractiveness, the easiness, the expediency, and the effectiveness of the product. This research used research and development method, and the research design was modifying the instructional media development process by Sadiman, et al. The results showed that the media attractive to use, easy to use, very useful in learning and proven effective to use in learning shown by 79% of students reached the standard of minimum score.

Media interaktif model tutorial sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran materi impuls dan momentum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif model tutorial materi impuls dan momentum, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian dan pengembangan, dan desain penelitian yang digunakan yaitu memodifikasi proses pengembangan media instruksional oleh Sadiman, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menarik untuk digunakan, mudah untuk digunakan, sangat bermanfaat dalam pembelajaran dan terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 79 % siswa telah tuntas KKM.

Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, model tutorial, impuls dan momentum.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pem-belajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencana-an Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Harianingtias, Dita. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Tutorial Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 1 No. 6.

Hamadin. 2015. Pengembangan Media Interaktif Berbasis TIK dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pem-belajaran Fisika Vol. 3 No. 2.

Nugraha. 2009. Penerapan Multi-media Interaktif pada Model Pem-belajaran CAI Tipe Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: Universitras Pendidikan Indonesia (Tidak Diterbitkan)

Sadiman, A.S., Raharjo,R., Haryono, A.,& Rahardjito. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pe-manfaatannya. Jakarta: Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sularno. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Fluida Statis SMA. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CVWacana Prima

Suyanti, R., D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Viana, D., S. 2013. Pengembangan Multimedia Interektif Model Tutorial. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 1 No. 2.

Waryanto, Hadi. 2008. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.