PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES

Hendri Prasetio, Chandra Ertikanto, Agus Suyatna

Abstract


The purposes of this development research were to produce educational game that can be used for playing while learning about archimedes law materials through the game on PC and determine the effectiveness of educational games. The steps of Education game used development procedure based on Sadiman et. al.procedures, which included the need analysis, formulating the purpose, formulating the items of the materials, compiling the evaluation instrument, writing script of media, the first product, validation by the expert, test of the product, and the final product. Experimental results showed that the products developed got score 3.20 on attractiveness,3.44 on easiness and 3.58 on usefullness, meanwhile the aspect was very easy to use and the game content can be clearly understood and effectively used as a supplement or media for playing while learning that students were completed the minimum completeness criteria that reached 78.13%.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan game edukasi yang dapat digunakan untuk bermain sambil belajar mengenai materi hukum archimedes melalui permainan pada PC dan mengetahui keefektifan game edukasi. Tahapan pengembangan game edukasi menggunakan prosedur pengembangan menurut Sadiman, dkk. meliputi analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merumuskan butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menulis naskah media, produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan, dan produk akhir. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh nilai kemenarikan 3,20,kemudahan 3,44 dan kemanfaatan 3,58 sedangkan dalam aspek penggunaan sangat mudah dalam pengoprasian dan isi game dapat dipahami dengan jelas serta efektif digunakan sebagai suplemen atau media untuk bermain sambil belajar yaitu siswa tuntas dari Kriteria Ketuntasan Minimal mencapai 78,13%.

Kata kunci:game edukasi, hukum archimedes, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Baswedan, Anies. 2015. Pendidikan Karakter. [online]. Tersedia:http:// www.kemendikbud.com/seminar-pendidikan-karakter.html/. Diakses 12 Mei 2015.

Harsono, Maaruf. 2014. Pengaruh Game Terhadap perkembangan Remaja. Serpong: Surya University.

Husnan, Fathul. 2014. Step by Step Membuat Game Sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.

Novaliendry, Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP N 1 Rao). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, Vol 6 (2) 106-118.

Prasojo, S., Tri S. S., dan Joharman. 2013. Penggunaan Metode Role Playing dalam Peningkatan Pem-belajaran IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal FKIP UNS, Vol. 1, 2-3.

Sadiman, A. S., R. Rahardjo, dan Anung Haryono. 2011. Media Pen-didikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Prosesuntuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Unila.

Wicaksono, Sigit. 2013. Game Petualangan Paperu Dengan Menggunakan RPG Maker VX. Jurnal Transit, Vol 1 (1) 140-148.

Yeni, F., Yarmis Hasan, dan Tarmansyah. 2013. Efektifitas Game Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bagi Anak Kesulitan Belajar di MIN Koto Luar, Kecamatan Pauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol 2 (3) 512-513.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.