PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU SISWA BNKKL DENGAN BUKU KONVENSIONAL MELALUI PBL

Izzatunnisa Izzatunnisa, Undang Rosidin, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


Student Book that has Content of Devinity Value and Love the Environment (BNKKL) has been developed and validated by experts, then the aim of this research was to validate empirically done by comparing the learning outcomes using Conventional Student Book and BNKKL Student Book using PBL, so it can be a Student Book alternate to learn the matter of the Changes Around Us. The research method was Quassi Experiment, with the sample were VII-A as a control class that used Conventional Student Book, and VII-C as an experimental class that used the BNKKL Student Book. The comparison of the affective final value who used BNKKL Student Book and Conventional Student Book was 3.66 : 3.54, and cognitive and psychomotor final value was 3.33: 2.64.

Buku Siswa Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan (BNKKL) telah dikembangkan dan tervalidasi konstruk oleh ahli, selanjutnya untuk memvalidasi secara empirik dilakukan dengan membandingkan hasil belajar menggunakan Buku Siswa Konvensional dengan Buku Siswa BNKKL menggunakan model PBL, sehingga mampu dijadikan sebagai Buku Siswa alternatif untuk membelajarkan materi Perubahan di Sekitar Kita. Metode penelitian ini adalah Eksperimen Semu, dengan sampel kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan Buku Siswa Konvensional, dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Buku Siswa BNKKL. Perbandingan nilai akhir afektif yang menggunakan Buku Siswa BNKKL dengan Buku siswa Konvensional 3,66 : 3,54, serta nilai akhir kognitif dan psikomotor 3,33 : 2,64.

Kata kunci: hasil belajar, buku siswa, PBL.


Full Text:

PDF

References


Afrizon, Renol, Ratnawulan, Ahmad Fauzi. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1. Hal: 7-9.

Andersen, Lorin. W. 1980. Penilaian Afektif. Jakarta: Diknas.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Nahel, Bintu. 2012. Pengertian Buku Siswa. (On line) tersedia di: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2251813-pengertian-buku-siswa/ diunduh pada tanggal 8 Juni 2015.

Pangestuti, Rini. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Beranah Afektif di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Geografi. Lampung: Universitas Lampung.

Rohmawati, Siti. 2014. Pengembangan Buku Siswa dalam Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Terhadap Lingkungan. Skripsi Pendidikan Fisika Universitas Lampung (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Sugiyono. 2012. Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukanti. 2011. Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IX. No. 1, Hlm. 74 82.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.