PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI

Rudi Hartono, Chandra Ertikanto, Eko Suyanto

Abstract


This research aimed to develop interactive media based on flash, describe the attractiveness, easiness, benefit, and effectiveness of media. The topic on the media was heat transfer that learned through inquiry learning. This development consist of: revealing the potential and problems, collecting information, making the initial product, expert validation, revising of the initial product, and testing product. Results from product test include: the attractiveness of the test with a score was 3.33 (very attractive); the ease test with a score was 3.36 (very easy); the benefit test with a score was 3.18 (useful); and the effectiveness test results was 80% of students have completed the KKM. Based on these results, it can be concluded that interactive media developed was very attractive, very easy, useful, and effective as a source of learning through inquiry learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis flash, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan media. Muatan materi pada media tersebut adalah perpindahan kalor yang dibelajarkan melalui pembelajaran inkuiri. Pengembangan ini meliputi tahap: mengungkap potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, membuat produk awal, validasi ahli, revisi produk awal, dan uji coba produk. Hasil dari uji coba produk berupa: uji kemenarikan dengan perolehan skor 3,33 dengan kategori sangat menarik; uji kemudahan dengan perolehan skor 3,36 dengan kategori sangat mudah; uji kemanfaatan dengan perolehan skor 3,18 dengan kategori bermanfaat; dan uji efektifitas dengan hasil 80% siswa telah tuntas KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif yang dikembangkan sangat menarik, sangat mudah, bermanfaat, dan efektif sebagai sumber belajar melalui pembelajaran inkuiri.

Kata kunci: inkuiri, media interaktif, penelitian pengembangan


Full Text:

PDF

References


Aulia. F. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Chaeruman, Uwes. 2012. Kiat Menghidupkan Media Presentasi Menjadi Lebih Hidup. Online. http://slideshare.net/Ivan_Nur_Romadhoni/kiat-menghidupkan-media-presentasi-lebih-h-idup.html. Diakses 7 Juni 2014.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Gava Media.

Dikse, I Wayan. 2010. Animasi dengan Flash 8. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Latuheru, Jhon D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud DIKTI P2LPTK.

Made, I. Some, Asri Arbie, dan Citron S. Payu. 2013. Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian. Tidak Diterbitkan.

Pujawan, 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Animasi Berbasis Inkuiri untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Penelitian. Tidak Diterbitkan.

PUSTEKKOM. 2012. Pengembangan Media Presentasi. Online. http://slideshare.net/iksan35/10-pembuatan-media-presentasi.html. Diakses 3 September 2015.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: CV Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Groub.

Setiawati, Dewi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi pada Materi Kemagnetan. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Yendra, Anistha Subha. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran LAB Fisika Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan. Skripsi. Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.