Understanding the Concept and the Character of Caring for the Environment of Junior High School Students in Indonesia
Abstract
Abstract: Understanding the Concept and the Character of Caring for the Environment of Junior High School Students in Indonesia. Objectives: The purpose of this study was to determine the relationship between students responses to the cultural values of the inner tribe, the character of students environmental care, and student learning outcomes on environmental materials. Methods: This type of research is a mixed method research with an explanatory design. The sampling technique used in this study was purposive sampling with the research sample being class VIII students at SMPN 01 Muaro Jambi and SMPN 7 Muaro Jambi. Findings: Based on the results of the correlation test with the results of the value of sig. (2-tailed) is less than 0.05 concluded that there is a relationship between students responses to the cultural values of the inner tribe, the character of caring for the environment and student learning outcomes in both schools.
Keywords: Environmental Care Character, Inner Tribe, Conservation, Natural Science
Abstrak: Memahami Konsep dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP di Indonesia. Tujuan: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara respon siswa terhadap nilai budaya suku anak dalam, karakter peduli lingkungan siswa, dan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup. Metode: Jenis penelitian ini yaitu penelitian mix method dengan desain explanatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berupa purposive sampling dengan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII di SMPN 01 Muaro Jambi dan SMPN 7 Muaro Jambi. Temuan: Berdasarkan hasil uji korelasi dengan hasil nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0.05 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara respon siswa terhadap nilai budaya suku anak dalam, karakter peduli lingkungan dan hasil belajar siswa dikedua sekolah.
Kata kunci: karakter peduli lingkungan, suku anak dalam, konservasi, ilmu pengetahuan alam.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, R., Surbakti, A., & Jalmo, T. (2018). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Hidup. Bioterdidik, 1, 1–10.
Amin, A., Alimni, A., Perdana, R., Azzahra, M. Z., & Septi, S. E. (2021). Associative and Comparative Study on Students’ Perseverance and Religious in Islamic Education Subject. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3), 676–691. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i3.
Amin, A., Kurniawan, D. A., Azzahra, M. Z., & Septi, S. E. (2021). Parental Communication Increases Student Learning Motivation in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 5(4), 622–630.
Anikarnisia, N. M., & Wilujeng, I. (2020). Need assessment of STEM education based based on local wisdom in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012092
Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 8–13. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727
Baihaqi, I., Prasetyo, A. P. B., & Retnoningsih, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkungan Hidup Bervisi Konservasi Dengan Pendekatan Scientific Skill Pada Pengolahan Sampah Organik Di Sekolah. Lembaran Ilmu Kependidikan, 44(2), 116–122.
Bastomi, M., & Naufal, A. (2021). Konservasi Lingkungan Menggunakan Gerakan Penghijauan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 47–50. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/10452
Budiarti, R. s, Agus, K. D., Elza, T., & Rahmat, P. (2021). Evaluation of the Results of Attitudes and Self-Efficacy of Middle School Students in Science Subjects. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4), 525–535. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/36409
Efendi, N., Barkara, refli surya, & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460
Effendi, B. (2019). Peningkatan Kesadaran Pelajar dengan Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 309–330. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-04
Ernawati, M. D. W., Asrial, Kurniawan, D. A., Nawahdani, A. M., & Perdana, R. (2021). Gender Analysis in terms of Attitudes and Self-Efficacy of Science Subjects for Junior High school Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 84–95. https://doi.org/https;//doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.828
Eva, E., Yusro, N., Ristianti, dina hajja, Kusen, K., & Fathurrochman, I. (2020). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 172–178.
Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Pelestarian Lingkungan Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4570
Halmahera, M., Purnama, A. S., Hasyim, F., & Benardi, A. I. (2019). Local Wisdom Pikukuh Sapuluh Suku Baduy Dalam Konservasi Lingkungan Budaya Desa Kanekes. Geo-Image, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.15294/geoimage.v8i1.30996
Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97–119. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/67&ved=2ahUKEwij5dDSrKv0AhU6xDgGHVItDGYQFnoECAoQAQ&usg=AOvVaw3EoQQdNBoDYwHmUknlwOkG
Jailani, J., Abubakar, A., & Anwar, A. (2018). Implementasi Pendekatan Science Technology Society (Sts) Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Peningkatanlife Skill Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 132–142. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand
Kahar, M. S. (2017). M Odel P Embelajaran N Etworked T Erhadap. 2(2), 42–49. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/484
Kamid, kamid, Sabil, H., Syafmen, W., & Triani, E. (2021). A Study of problem Based Learning and mathematics process Skills in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 359–368. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37157
Kamid, K., Anwar, K., Iriani, D., & Nawahdani, ahmad mansur. (2021). Analysis of interest and process skills in learning mathematics. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2).
Kamid, K., Rohati, R., Rahmalisa, Y., Anggo, M., Septi, S. E., Azzahra, M. Z., & Nawahdani, A. M. (2021). Engklek Game” in mathematics: How difference and relationship student attitude towards science process skills? Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3109–3123.
Kasim, F., Ridwan, M. K., & Putra, M. Y. A. (2018). Pengolahan Sampah Plastik Memakai Teknologi Pirolisis Untuk Pembelajaran dan Konservasi Lingkungan di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.14421/jbs.1230
lanini, agus, & Syafiuddin, I. (2020). Peningkatan Kesadaran Hukum Tentang Konservasi Lingkungan Bagi Masyarakat Watutela. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 701–707. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4114
Mustika, F., & Sahudra, T. M. (2018). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Samudra Langsa. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 235–244. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i2.11291
Narut, Y. F., Supardi, K., Pgsd, P., St, S., Paulus, J. J. A., & Yani, R.-F. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Nawahdani, A. M., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2021). Analisis Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika. PROSIDING Seminar Nasional Matematika Dan Sains Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, 348–354.
Nurhilmiah, M., Dadi, D., & Kustiawan, A. (2021). Identifikasi Persepsi Masyarakat Kuta Tentang Konservasi Lingkungan. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 38–48. https://doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5331
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164.
Permatasari, M. A., Suprapto, Y., Setiawan, D., & Setyowati, D. L. (2021). Implementasi Interaksi Sosial dan Kearifan Lokal dalam Konservasi Lingkungan Kampung Sasirangan Banjarmasin. Jurnal Kawistara, 11(2), 143–155. https://doi.org/10.22146/kawistara.v11i2.62946
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Setyobudi, F., & Marsudi, S. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup Di Smp Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. Jipsindo, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516.
Sutrisno, S., Hapsah, S., & Setiawan, A. Y. (2020). Geoarea, Vol 3. No. 1_Mei 2020 ISSN: 2685-7472. Geoarea, 3(1), 47–59.
Sya’ban, M. B. A. (2018). Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan Lingungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 02(01), 32–44.
Taştan, S. B., Mehdi, S., Davoudi, M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V, & Pavlushin, A. A. (2018). The Impacts of Teacher’s Efficacy and Motivation on Student’s Academic Achievement in Science Education among Secondary and High School Students. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 14(6), 2353–2366.
Tresnawati, N. (2018). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Peningkatan Konservasi Lingkungan pada Mahasiswa PGSD di Batik Tulis Ciwaringin Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 69–82. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2603
Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T., & Anwar, Y. A. S. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 92–97. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.593
Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p70-79
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan (STUDI KASUS DI MIN 1 PONOROGO). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Wibowo, E. W. (2020). Analisis Pendidikan Karakter Religius, Peduli Sosial, Dan Peduli Lingkungan Terhadap Kedisiplinan (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31–38. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379
Zurweni, Z., Kurniawan, D. A., & Azzahra, M. Z. (2021). A Comparative Analysis of Students’ Attitudes and Interests in Science Subjects. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 290–308. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i2.202112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Progresif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.