Profile Analysis of Basic Science Process Skills for Students of SMP Negeri 2 Pagaralam Using the Test of Basic Process Skills

Hartono Hartono, Melly Ariska, Rahmi Susanti

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe the basic science process skills of the students of SMP Negeri 2 Pagaralam City. The study used a dominant-less dominant design with purposive sampling technique. The research was conducted at SMP Class VIII with a population of all class VIII students at SMP Negeri 2 Kota Pagaralam. The sample used was 18 students of class VIII at SMP Negeri 2 Pagaralam City. The results of the research conducted showed that: (1) grade VIII students at SMP Negeri 2 Pagaralam City on average had basic science process skills at a moderate level in solving questions using a valid instrument, namely the Test of Basic Process Skill (BAPS) as many as 36 questions. science process skills (2) student achievement for each indicator, namely observation by 65%, communication by 61%, clarification by 58%, measurement by 27%, prediction by 32%, and inference by 57%.        

 

Keywords: science process skills, test of basic process skills (BAPS)  

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dasar siswa SMP Negeri 2 Pagaralam Kota. Penelitian ini menggunakan desain dominan-kurang dominan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kelas VIII dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pagaralam. Sampel yang digunakan adalah 18 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pagaralam. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pagaralam rata-rata memiliki keterampilan proses sains dasar pada tingkat sedang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan instrumen yang valid yaitu Tes Keterampilan Proses Dasar (BAPS) sebanyak 36 pertanyaan. keterampilan proses sains (2) prestasi belajar siswa pada masing-masing indikator yaitu observasi sebesar 65%, komunikasi sebesar 61%, klarifikasi sebesar 58%, pengukuran sebesar 27%, prediksi sebesar 32%, dan inferensi sebesar 57%.

 

Kata kunci: keterampilan proses sains, tes keterampilan proses dasar (BAPS)



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v24i3.pp584-593


Full Text:

PDF

References


Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020

Ariska, M., Akhsan, H., Muslim, M., Sudirman, S., & Kistiono, K. (2022). Pengaruh El Niño Southern Oscillation (ENSO) dan Indian Ocean Dipole (IOD) Terhadap Curah Hujan dan Korelasinya dengan Consecutive Dry Days (CDD) Provinsi Sumatera Selatan dari Tahun 1981-2020. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 6(2), 31-41.

Ariska, M., Putriyani, F. S., Akhsan, H., Supari, S., Irfan, M., & Iskandar, I. (2023). Trend of Rainfall Pattern in Palembang for 20 Years and Link to El-niño Southern Oscillation (ENSO). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 12(1), 67-75.

Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855

Erlida Amnie, Abdurrahman, C. E. (n.d.). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. 123–137.

Erlida Amnie, Abdurrahman, C. E. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7), 123–137.

Hartono, H., Susanti, R., & Ariska, M. (2022). Science Process Skills Analysis of Junior High School Students in South Sumatera Using Test Basic of Process Skill (BAPS). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2184-2190.

Hartono, H., Putri, R. I. I., Inderawati, R., & Ariska, M. (2022). The strategy of science learning in curriculum 2013 to increase the value of science’s Program for International Student Assessment (PISA). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 79-85.

Juhji, J. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419

Kartimi, Gloria, R. Y., & Ayani. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, 2(1), 73–85. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524

Kastawaningtyas, A., & Martini, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p45-52

Kurniawan, A. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka Science Process Skills Mastery Profile Students Primary School Teacher Education Program Open University. Procceding Biology Education Conforence , 13(1), 410–419.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Lutfa, Asna, Sugianto, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Sma. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 78–80.

Pambudi, Teo, O. P., & Widodo, W. (2013). Gelombang, Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Getaran Dan Gelombang. 27–31.

Puspita, Z., Juhanda, A., & Windyariani, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Inkuiri-Kontekstual Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Pada Konsep Ekosistem. Biodik, 7(3), 176–184. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13430

Putri, D. T., Setiono, S., & Ramdhan, B. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran 9E Learning Cyccle at Home Melalui Pembelajaran Daring. Biodik, 7(3), 164–175. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13718

Rahayu, S., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Natural Science Education Research, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8389

Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of science process skills in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 47–57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47

S, Frafti Rejeki, Usman, A. A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Di Sman 9 Makassar. 02, 86–91.

Samsudin, C. M. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Mata Pelajaran Ipa Pada Peserta Didik Kelas Viii Di Mts Negeri 1 Bandar Lampung. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Utami, D. S., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Ahied, M. (2020). Profil Scientific Reasoning Ability Siswa Pada Materi Gerak Benda. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 93. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8570

Yuliati, Y. (2016a). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Yuliati, Y. (2016b). Penulis adalah dosen tetap Prodi PGSD Fakultas Pendidikan Dasar dan Menengah Universitas Majalengka 71. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 71–83. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/335&ved=2ahUKEwi5o7r--MbnAhWEbSsKHVT-Cz8QFjABegQICBAC&usg=AOvVaw0GEmosz506OalvjG2rEo60

Kartimi, Gloria, R. Y., & Ayani. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, 2(1), 73–85. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524

Kastawaningtyas, A., & Martini, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p45-52

Kurniawan, A. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka Science Process Skills Mastery Profile Students Primary School Teacher Education Program Open University. Procceding Biology Education Conforence , 13(1), 410–419.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Lutfa, Asna, Sugianto, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Sma. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 78–80.

Pambudi, Teo, O. P., & Widodo, W. (2013). Gelombang, Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Getaran Dan Gelombang. 27–31.

Puspita, Z., Juhanda, A., & Windyariani, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Inkuiri-Kontekstual Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Pada Konsep Ekosistem. Biodik, 7(3), 176–184. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13430

Putri, D. T., Setiono, S., & Ramdhan, B. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran 9E Learning Cyccle at Home Melalui Pembelajaran Daring. Biodik, 7(3), 164–175. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13718

Rahayu, S., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Natural Science Education Research, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8389

Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of science process skills in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 47–57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47

S, Frafti Rejeki, Usman, A. A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Di Sman 9 Makassar. 02, 86–91.

Samsudin, C. M. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Mata Pelajaran Ipa Pada Peserta Didik Kelas Viii Di Mts Negeri 1 Bandar Lampung. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Utami, D. S., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Ahied, M. (2020). Profil Scientific Reasoning Ability Siswa Pada Materi Gerak Benda. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 93. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8570

Yuliati, Y. (2016a). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Yuliati, Y. (2016b). Penulis adalah dosen tetap Prodi PGSD Fakultas Pendidikan Dasar dan Menengah Universitas Majalengka 71. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 71–83. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/335&ved=2ahUKEwi5o7r--MbnAhWEbSsKHVT-Cz8QFjABegQICBAC&usg=AOvVaw0GEmosz506OalvjG2rEo60


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.