Bibliometric Analysis of Students Errors in Solving Problems on Sets using VOSviewer
Abstract
Keywords students’ error, mathematics, bibliometric analysis, sets.
Abstrak Kekeliruan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi tertentu yang ditandai dengan kesalahan-kesalahan sewaktu seseorang menyelesaikan tes. Salah satu penyebab kekeliruan siswa dalam menjawab soal adalah kurangnya pemahaman konsep pada materi tersebut. Penelitian kekeliruan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi himpunan menggunakan metode bibliometrik, yang masih jarang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini terindeks dari Scholar dengan 500 artikel yang di dapat dan di ekstrak pada aplikasi Publish or Perished ( PoP ). Artikel yang didapat di publish pada tahun 0 hingga 2022. Diperoleh artikel dengan Kutipan artikel yang terbanyak dengan 1837 kutipan terjadi pada tahun 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan visualisasi network jumlah item cluster sebanyak 10 berwarna meraah, 6 berwarna hijau dan 4 berwarna biru, overlay dan density dengan menggunakan aplikasi VOSviewer. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mathematica problem merupakan salah satu kata kunci yang masih jarang diteliti.
Kata kunci kesalahan siswa, matematika, analisis bibliometric, himpunan.
Full Text:
PDFReferences
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal pendidikan vokasi, 3(1).
Hasugian, J. (2009). Analisis Bibliometrika terhadap Publikasi Hasil Penelitian AIDS di Indonesia. Artikel diakses pada tanggal, 12.
Herholdt, R., & Sapire, I. (2014). An error analysis in the early grades mathematics-A learning opportunity? South African Journal of Childhood Education, 4(1), 43–60.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231–234.
Pattah, S. H. (2013). Pemanfaatan kajian bibliometrika sebagai metode evaluasi dan kajian dalam ilmu perpustakaan dan informasi. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(1), 47–57.
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tall, D., & Razali, M. R. (1993). Diagnosing students’ difficulties in learning mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 24(2), 209–222.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.