Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Inferensi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia
Abstract
Abstrcat: The effectiveness of discovery learning to improve inferencetion skill and mastery concept of chemical equilibrium. The goal of this research was describe the effectiveness of discovery learning model to improve inferencetion skill and mastery concept of chemical equilibrium. This research used quasi experimental method with a pretest postest control grup design. Sampling was performed by using purposive technique with all of the 11th grade student in SMA Negeri 15 Bandar Lampung as population. This research used two classes as control and experimental class which they were obtained from XI MIA 3 and XI MIA 2 of academic year 2018 2019. The effectiveness of discovery learning was showed by the significant difference of n Gain between control and experiment classes. The size associated with using effect size. The result obtained size of influence is great. The result of hypothesis testing showed that discovery learning model was effective to improve inferencetion skill and mastery concepts of chemical equilibrium.
Keywords: chemical equilibrium, discovery learning model, inferencetion skill, and mastery concepts.
Abstrak: Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Inferensi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan inferensi dan penguasaan konsep materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 dan XI MIA 2 Tahun Ajaran 2018 2019. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh adanya perbedaan rata-rata nilai n Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasilnya diperoleh ukuran pengaruh yang besar. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model discovery learning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan kemampuan inferensi dan penguasaan konsep.
Kata kunci: kesetimbangan kimia, pembelajaran berbasis penemuan, kemampuan inferensi, dan penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, R. W. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dincer, S. 2015. Effect Of Computer Assisted Learning On Students Achievementin Turkey:a Meta-Analysis. Journal Of Turkish Science Education, Vol 12. No 1.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. (Disertasi). Bandung: SPs-UPI Bandung.
Fidiana, E. Rudibyani., Tania, L. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Siswa pada Materi Larutan Penyangga (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., dan H. H. Hyun. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The Mc Graw Hill Companies.
Hake, R.R. 2002. Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses American. Journal of Physics, Vol. 66. No. 1.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Jahjouh, Y.M.A. 2014. The effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction Journal Of Turkish Science Education, Vol 11. No 4.
Joolingen, W.V. 1998. Cognitive Tools for Discovery Learning. Inter. J. Artific. Intel. Educ., Vol 1. No. 10
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, I dan Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Kusuma, N. W. 2018. Deskripsi Sikap Ilmiah dan Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Model Discovery Learning. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak dipublikasikan.
Mahmudah, Umi. 2016. Hubungan Keterampilan Proses Sains Dengan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas XI Man 1 Pati pada Materi Asam Basa dan Larutan Penyangga. (Skripsi). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Rismalinda, A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Kesetimbangan Kimia. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak dipublikasikan.
Rosaria, A. 2018. Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung
Rustaman. 2005. Pengembangan Konsep. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukawati, D.T. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning pada Materi Larutan Penyangga dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengomunikasikan. (Skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung. Tidak dipublikasikan.
Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing dan Publishing.
Suprayanti, dkk. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,. Vol 2. No. 1.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.