Efektivitas Pre Lecture Quiz untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Esti Utami, Ratu Betta Rudibyani, Sunyono Sunyono

Abstract


Abstract: Effectiveness of Pre Lecture Quiz to Improving the Creative Thinking. This research was aimed to describe the effectiveness of Pre Lecture Quiz to improving students creativity thinking skill on Arrhenius acid base topic. The research method used was quasi experimental with non equivalen pretest postest control group design. The sample selection was done by cluster random sampling, obtained XI IPA 3 as experimental class and XI IPA 6 as control class. The effectiveness of Pre Lecture Quiz was showed by the significant difference for average n Gain of flexible thinking skill between the experiment and control class, for experiment class was 0.70 with high categorize and for control class was 0.48 with middle cateogorize. The conclusion of this research is effective Pre Lecture Quiz and has a high effect size to improving the ability of creative thinking on Arrhenius acid-base topic.

Keywords: creative thinking, Pre-Lecture Quiz, Arrhenius acid-base

 

Abstrak: Efektivitas Pre Lecture Quiz untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre Lecture Quiz untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non equivalen pretest postest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Efektivitas Pre Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pre Lecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa Arrhenius.

Kata Kunci: keterampilan berpikir kreatif siswa, Pre Lecture Quiz, asam basa Arrhenius

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v19i1.pp37-49


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education Eight Edition. New York: The Mc Grow-Hill Companies.

Idayu, G. 2017. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Kalasan Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pembelajaran Kimia, 6(1):41-42.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction. Journal Of Turkish Science Education.

Lestari, F. 2016. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia.

McDaniel. 2011. Test-Enhanced Learning in a Middle School Science Classroom: The Effects of Quiz Frequency and Placement. Journal of Educational Psychology, III.

Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Makalah. Bandung. FPMIPA UPI.

Rani, P. E. W. 2018. Efektivitas Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2).

Sari, M. W & Nasrudin, H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas

X SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2).

Sinaga, Y. D. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Jakarta: Indonesia.

Trisna, I. K. 2017. Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2).

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari. 2011. Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.