Needs Analysis of PBL-based Chemical Bonding Student Worksheets Development for Differentiated Learning

Annisa Safira, Andromeda Andromeda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang diharapkan dapat membantu proses pembelajaran pada materi ikatan kimia. Subjek penelitian ini adalah 2 prang guru kimia serta 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 2 Padang dan 18 orang peserta didik kelas X SMAN Pembangunan Laboratorium UNP. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dengan 2 orang guru kimia dan angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi masih belum diterapkan oleh guru serta belum tersedianya bahan ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada materi ikatan kimia menggunakan liveworksheets. Kesimpulan dari penelitian ini dibutuhkan LKPD berbasis PBL menggunakan liveworksheets yang diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berdiferensiasi pada materi ikatan kimia.


DOI: 10.23960/jppk.v12.i3.23.14


Full Text:

PDF

References


Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Apriyantini, Ni Putu Diah, I. K. S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa. 24(1), 55–63.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126.

Malik, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Dengan 3D Page Flip Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Kencana Prenadamedia Group.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Ramdani, R., Muslimin, N. A., & Husein, H. (2022). Pengaruh Liveworksheets Dalam Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Barru : Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 243–251.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75.

Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. 2(7), 1256–1268.

Sutinah, C., & Ristiana, M. G. (2023). the Development of Assisted Worksheets Differentiation Learning Based on Learning Style: How Great It Can Help Students’ Mathematical Understanding Ability? Jurnal Cakrawala Pendas, 9(2), 205–214.

Tomlinson, C. A. (1999). The Differentiated Classroom : Responding To The Needs Of All Learners. Association for Supervision and Curriculum Development.

Tomlinson, C. A. (2001). How To Differentiate Instruction In Mixed-Ability Classrooms. In ASCD Publication (2ND ed., Vol. 44, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.