Development of Four-tier Diagnostic Test Instrument to Identify Students' Mental Models on Salt Hydrolysis Materials
Abstract
Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Model Mental Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam. Model mental merupakan konsep pemikiran yang mewakili ide-ide digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena. Model mental penting untuk diketahui agar guru dapat mengetahui tingkat pemahaman, kesulitan dan miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik. Instrumen tes diagnostik merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengetahui model mental peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik four-tier untuk mengetahui model mental peserta didik pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Treagust. Berdasarkan hasil analisis validitas logis diperoleh bahwa nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.87 kategori valid. Berdasarkan hasil uji coba soal diperoleh bahwa hasil analisis validitas empiris pada first-tier dan third-tier terdapat beberapa soal tergolong valid dengan jumlah 18 soal dan 16 soal berturut-turut. Nilai reliabilitas pada first-tier dan third-tier sebesar 0,78 dan 0,75 berturut-turut dengan kategori tinggi
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., & Azra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Edukimia, 4(1), 018–023. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i1.a333
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Arikunto. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
Darmiyanti, W., Rahmawati, Y., Kurniadewi, F., & Ridwan, A. (2017). Analisis Model Mental Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 8e Pada Materi Hidrolisis Garam. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 38–51. https://doi.org/10.21009/JRPK.071.06
Devetak, I., Drofenik Lorber, E., Juriševič, M., & Glažar, S. A. (2009). Comparing Slovenian year 8 and year 9 elementary school pupils’ knowledge of electrolyte chemistry and their intrinsic motivation. Chem. Educ. Res. Pract., 10(4), 281–290. https://doi.org/10.1039/B920833J
Devi, N. A., & Azra, F. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik pada Materi Asam Basa. Entalpi Pendidikan Kimis, 4(4), 16–26. https://doi.org/10.24036/epk.v4i4.353
Dolok Putra, D. P. S. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 64–73. https://doi.org/10.21009/JRPK.112.02
Fitriani, L. I., & Putra, N. M. D. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Siswa MAN Blora pada Materi Gelombang Bunyi. Unnes Physics Education Journal, 10(1), 53–60. https://doi.org/10.15294/upej.v10i1.46650
Habiddin, H., & Page, E. M. (2019). Development and Validation of a Four-Tier Diagnostic Instrument for Chemical Kinetics (FTDICK). Indonesian Journal of Chemistry, 19(3), 720. https://doi.org/10.22146/ijc.39218
Isnaini, M., Roziah, & Astuti, R. T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Peserta Didik di SMA Jam’iyah Islamiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 27–43. http://103.84.119.236/index.php/snpk/article/view/51
Jansoon, N., Coll, R. K., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students.
Kania, V. I., Samsudin, A., Aminudin, A. H., Rachmadtullah, R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of Greenhouse Effect (MoGE) Instrument Development to Identify Middle School Students’ Mental Model in Thailand with Rasch Analysis. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7).
Murni, H. P., Azhar, M., & Ulianas, A. (2019). Mental Models and Understanding Student of Grade XI High School in the Reaction Rate Material. 13(2).
Rachmawati, T., Azhar, M., Aini, S., & Azra, F. (2021). Validity and Practicality of The Salt Hydrolysis Electronic Module Based on Structured Inquiry with Interconnection of Three Levels of Chemicals Representation. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1), 012039. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012039
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(1), 1–10.
Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2017). Engembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 25. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.48
Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2018). Development of Mole Concept Module Based on Structured Inquiry with Interconection of Macro, Submicro, and Symbolic Representation for Grade X of Senior High School. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335, 012104. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012104
Sari, C. W., & Helsy, I. (2018). Analisis Kemampuan Tiga Level Representasi Siswa Pada Konsep Asam-Basa Menggunakan Kerangka DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual). JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 158–170. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3660
Silberbeg, M. (2010). Principles Of General Chemistry Second Edition (2nd ed.). McGraw-Hill.
Sudiyono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sundayana, A. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi. media akademi.
Treagust, D. F. (1988). Development and use of diagnostic tests to evaluate students’ misconceptions in science. International Journal of Science Education, 10(2), 159–169. https://doi.org/10.1080/0950069880100204
Utari, N., & Azra, F. (2022). Development of Android-Based Learning Media Applications on Chemical Equilibrium Materials for Class XI SMA/MA. 5(1).
Yani, F. H., Mawardi, & Azra, F. (2019). Development of student worksheet with class and laboratory activity based on guided inquiry in electrolyte and nonectrolyte solution materials. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 012153. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012153
Refbacks
- There are currently no refbacks.