Development of Evaluation Problems to Measure High Level Thinking Skills in Thermochemical Materials

Friska Amelia L. Tobing, Marudut Sinaga, Ani Sutiani, Zainuddin Zainuddin, Ratu Evina Dibyantini

Abstract


Abstract: DEVELOPMENT OF EVALUATION PROBLEMS TO MEASURE HIGH LEVEL THINKING SKILLS IN THERMOCHEMICAL MATERIALS. This research was conducted at the Laksamana Martadinata High School in Medan which aims to develop an evaluation instrument to measure students' high-level thinking skills in thermochemistry material using a 4D model of development (Research and Development, R&D) which includes, namely; Define (definition), Design (design), Develop (development), and Dissemenate (dissemination). The sample in the study was 36 students selected by purposive sampling. The instruments used are evaluation questions and validation sheets. The results of this study indicate that through the development of evaluation questions to measure higher-order thinking skills in thermochemistry material, at the higher-order thinking ability level by giving HOTS questions, the ability results are very low at 44   .5% and get very decent results on the validation sheet by expert validator namely; lecturers 91% and teachers 94%. The final product is in the form of 32 valid questions from the initial product design of 40 questions. The results of the data analysis showed that the evaluation item instrument to measure students' higher order thinking skills developed had met the feasibility of content validity with an average rating percentage of 90% and met the feasibility of construction validity so that the evaluation item instrument was considered good. This evaluation item instrument is effective and appropriate for use in the learning process which can be used as a tool to measure students' high-level thinking skills in Thermochemistry material.

 

 

Keywords: High Level Thinking, Thermochemistry Material, Development of Evaluation Questions

 

Abstrak: PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Peneitian ini dilakukan di sekolah SMA Laksamana Martadinata Medan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi Termokimia dengan menggunakan model pegembangan (Research and Development, R&D) model 4D yang meliputi, yaitu;. Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Dissemenate (penyebaran). Sampel dalam penelitian yaitu 36 orang peserta didik yang dipilih dengan cara purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah soal evaluasi dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan soal evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia, pada tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan memebrikan soal HOTS mendapatkan hasil kemampuan yang sangat kurang sebesar 44,5% dan mendapatkan hasil yang sangat layak pada lembar validasi oleh validator ahli yaitu; dosen 91% dan guru 94%.  Produk akhir yang berupa 32 soal yang valid dari rancangan awal produk 40 butir soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen soal evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan validitas isi dengan rata-rata persentase penilaian 90% dan memenuhi kelayakan validitas konstruksi sehingga instrumen soal evaluasi dianggap baik. Instrumen soal evaluasi ini efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan keterampian berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi Termokimia.

 

Kata Kunci: Berpikir tingkat tinggi, Materi termokimia, Soal Evaluasi


DOI: 10.23960/jppk.v12.i2.2023.24


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assriyanto, E. (2017). Upaya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 90.

Chang, R. (2011). General Chemistry The Essential Consepts Edition. New York: The Me Graw Hill Companies.

Dewi, P. (2021). Pengembangan Butir Soal Hots Untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa DI MA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 141-148.

Dewi, W. a. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Erwin, S. a. (2022). Komparasi Penerapan Kurikulum Merdeka Dan K-13 Di SMA Abdusalam. Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora.

Fadillah, M. (2014). Dalam Implemantasi Kurikulum Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, Dan SMA/MA. Yogtakarta: Ar-RUZZ.

Faizah, S. (2017). Hakekat Belajar dan Pembelajarann. Jurnal Pendidikan Guru.

Falahudin. (2014). 2014. Jurnal Lingkar Widya Swam, 104-117.

Herawati. (2018). Pengembangan Model Elektronik (Emodul) Interaktif Pada Materi Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

Hidayat. (2013). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Ihsan, H. (2017). Validasi Isi Alat Ukur Penelitian Konsep dan Panduan Penilaiannya. Ilmu Pendidikan.

Izerbigovic, M. I. (2019). Penerapan Model Discovery learning untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 164-174.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Hasil Tes Belajar. Jurnal Al-Ta'dib.

Penggabean, S. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Kita Menulis.

Rajagukguk. (2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematik. Yogyakarta: Media Akademik.

Rosidah, T. (2017). ksplorasi Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains, 130-137.

Sani, A. R. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyati, S. A. (2021). Upaya meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Melalui Daring Melalui Supervisi Kepala Sekolah di SDN 73 Selum. Journal Of Primary Education, 100-108.

Thsaleha Rahma Saleha, R. M. (n.d.). INSTRUMEN PENGEMBANGAN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ZAT ADITIF. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPKK).

Widana, L. (2016). Penyusun Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Depdikbuk.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.