Profile of Students' Learning Interest in Integrated Science Learning at smp Negeri 02 Tebat Karai, Kepahiang District

Desi Apriani Delsita, Rika Ayu Lestari, Tike Seprianti, Sri Wahyu Dinanti, Adrian Topano

Abstract


Abstract: Profile of Students' Learning Interest in Integrated Science Learning at smp Negeri 02 Tebat Karai, Kepahiang District. Education is one of the determinants of whether a country is successful or not. All actions in education require results and interest in learning. This writing aims to know the profile of students' interest in studying comprehensive science. This type of research is quantitative descriptive research and the research subject is a student of SMP NEGERI 02 TEBAT KARAI. By using the purposeful sampling technique, a sample of 20 students was obtained. The instrument used is a questionnaire and the type of questionnaire used is closed. Data analysis in this study was carried out using the Likert scale. The data is reprocessed in the percent description table. The results show that the average learning interest of students who study High Standard Comprehensive Science is still relatively high, so more students who have high learning interests need attention and need to be improved. because the field of science is needed and supported. Nevertheless, students who have a high interest in learning will be very interested in search and problem solving methods. have a great learning spirit to achieve success.

 

Keywords: Science Learning, Student Learning Interest, Questionnaire Sheet

 

Abstrak: Profil Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu di Smp Negeri 02 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Pendidikan merupakan salah satu penentu sukses atau tidaknya suatu negara. Semua tindakan dalam pendidikan membutuhkan hasil dan minat belajar. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui profil minat mahasiswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan komprehensif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan subjek penelitian adalah siswa SMP NEGERI 02 TEBAT KARAI. Dengan menggunakan teknik purposeful sampling diperoleh sampel sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan jenis kuesioner yang digunakan adalah tertutup. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Data diolah kembali dalam tabel deskripsi persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar siswa yang belajar IPA Komprehensif Standar Tinggi masih tergolong tinggi, sehingga lebih banyak siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang perlu mendapat perhatian dan perlu ditingkatkan. karena bidang ilmu sangat dibutuhkan dan didukung. Meskipun demikian, siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi akan sangat tertarik dengan metode pencarian dan pemecahan masalah. memiliki semangat belajar yang besar untuk mencapai kesuksesan.

 

Kata kunci: Pembelajaran IPA, Minat Belajar Siswa, Lembar Kuesioner

 

DOI: 10.23960/jppk.v12.i2.2023.14


Full Text:

PDF

References


AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843

Harefa, A. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Masa Pandemi Covid-19. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 181–189. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.27

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di Smk Negeri 2 Padang. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 12–25. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.956

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model stad dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504

Prasetiyono, S., & Sumbawati, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar Sistem Komunikasi Data Sinyal Digital Melalui Media Kabel Fiber Dan Frekuensi Radio Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 151–156.

Purwanti, K. L. (2016). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Otak Kanan Pada Siswa. Jurnal Sawwa, 9(1), 107–121.

Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1659-1666.2022

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 2(2), 188–201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212


Refbacks

  • There are currently no refbacks.