Development of SETS-Based E-Modules to Measure Students' Critical Thinking Ability in Buffer Solution Material
Abstract
Abstract: Development of SETS-Based E-Modules to Measure Students' Critical Thinking Ability in Buffer Solution Material. This study aims to 1) Find out the results of the needs analysis of the E- Module developed at SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, 2) The eligibility level of
the SETS-based E-Module based on the BSNP assessment, 3) The response of teachers and students to the SETS-based e-module on buffer solution materials, and 4) Students' critical thinking skills towards SETS-based e-modules on buffer solution materials. The subjects in this study were 2 material expert validators, 2 media expert validators, 2 chemistry teachers and 30 students of class XI IPA. The instruments used were chemistry teacher interview guidelines, needs analysis questionnaires, teacher and student response questionnaires and E-Module feasibility questionnaires according to BSNP standards. This research uses the development method (R&D) with the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The results show 1) the needs analysis states that students need teaching materials in the form of SETS-based E-Modules as supporting teaching materials, 2) the level of eligibility according to BSNP standards by material experts and media experts obtains an average score of 89,6% with very high criteria, 3) the response of the chemistry teacher obtained an average score of 88,21% with very interesting criteria, and 4) the results of students' critical thinking abilities after using the SETS-based E-Module obtained an average score of 78,05 above the KKM which indicated that the application of this media already very good.
Kata Kunci: E-module, SETS, Critical Thinking Ability, Buffer Solution
Abstrak: Pengembangan E-Modul Berbasis SETS Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil analisis kebutuhan E- Modul yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, 2) Tingkat kelayakan E-Modul berbasis SETS berdasarkan kriteria penilaian BSNP, 3) Respon guru dan peserta didik terhadap e-modul berbasis SETS pada materi larutan penyangga, dan 4) Kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap e- modul berbasis SETS pada materi larutan penyangga. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 2 guru kimia dan 30 siswa kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara guru kimia, angket analisis kebutuhan, angket respon guru dan siswa serta angket kelayakan E-Modul sesuai dengan standar BSNP. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasilnya menunjukkan 1) analisis kebutuhan menyatakan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar berupa E-Modul berbasis SETS sebagai penunjang bahan ajar, 2) tingkat kelayakan sesuai standar BSNP oleh ahli materi dan ahli media memperoleh nilai rata-rata 89,6 % dengan kriteria sangat tinggi, 3) respon guru kimia memperoleh nilai rata-rata 88,21 % dengan kriteria sangat menarik, dan 4) hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan E-Modul berbasis SETS memperoleh nilai rata-rata 78,05 diatas KKM yang menandakan bahwa penerapan media ini sudah sangat baik
Kata kunci: E-modul, SETS, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga
Full Text:
PDFReferences
Amrullah, A.,Hadisaputor,S.,&Supardi,KI (2017). Pengembangan modul chemical Terintegrasi pendidikan karakter bervisi SETS.Jurnal Inovasi Pedidikan Kimia.11(1).
Dalimuthe,M.,Amdayani,S.&Nasution,HA.(2022). Pengaruh Modul Termokimia Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Kimia. Jurnal Pendidikan Sekolah PGSD Fip UNIMED. 12(2),95-101.
Desni, N. W., Sihaloho, M., & Pikoli, M. (2019). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 63-68.
Khasanah, N. (2019). SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai pendekatan pembelajaran IPA modern pada Kurikulum 2013. Prosiding Kpsda, 1(1).
Nisa, AK. 2022. Mengembangkan E-Modul IPA Berbasis SETS (Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat) pada Materi Zat Aditif dan Adiktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP (Disertasi Doktoral, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
Ningsih, I. W. (2020). Desain MODUL Pembelajaran Kimia Terintegrasi Pendidikan karakter Berbasis SETS pada materi Hidrolisis Garam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan e-modul kimia berbasis kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1).
Silaban, TRL (2021). Pengembangan E-Modul Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 5 Kota Jambi (Disertasi Doktor,Universitas Jambi).
Refbacks
- There are currently no refbacks.