Student Worksheet Oriented on Self-Regulated Learning (SRL) Strategy to Improve Student Learning Outcomes on Acid-Base Titration
Abstract
Abstract: Student worksheet Oriented on SRL Strategy to Improve Student Learning Outcomes on Acid-Base Titration. Acid-base titration is material in chemistry. One of the things to support students to learn acid-base titration material is the ability of self-regulation. This study aims to obtain student worksheet that can improve learning outcomes through self-regulation strategies. This research uses the Borg and Gall method R&D model with three stages, including the preliminary study stage, the media development and theoretical validity stage, and the media trial stage. The trial design is through one group pre-test post-test. The result of this study obtained a very valid category of ten indicators of content criteria, eight indicators of construct criteria and six indicators of presentation, the student worksheet practicality score obtained an average percentage of 98,29% with a very practical category and the student worksheet effectiveness score obtained a sig value (2-tailed) 0.000 analysed through a paired t-test. Therefore, it can be concluded that the student worksheet oriented on SRL strategy is declared feasible to use to improve students' learning outcomes.
Keywords: Student Worksheet, Self-Regulated Learning (SRL) Strategy, Student Learning Outcomes
Abstrak: Kelayakan LKPD Berorientasi Strategi SRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam Basa. Titrasi asam basa merupakan materi dalam ilmu kimia. Salah satu hal untuk mendukung peserta didik mempelajari materi titrasi asam basa yaitu kemampuan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKPD yang dapat meningkatkan hasil belajar melalui strategi regulasi diri. Penelitian ini menggunakan model R&D metode Borg and Gall dengan tiga tahapan, antara lain tahapan studi pendahuluan, tahapan pengembangan media dan validitas teoritis, dan tahapan uji coba media. Desain uji coba melalui one group pre-test post-test. Hasil penelitian ini memperoleh kategori sangat valid terhadap sepuluh indikator kriteria isi, delapan indikator kriteria konstruk, dan enam indikator presentasi, skor kepraktisan LKPD memperoleh persentase rata-rata 98,29% dengan kategori sangat praktis dan skor keefektifan LKPD memperoleh nilai sig (2-tailed) 0.000 dianalisis melalui uji-t berpasangan. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi strategi SRL dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Strategi Self-Regulated Learning (SRL), Hasil Belajar Peserta Didik.
Full Text:
PDFReferences
Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheetuntuk Meningkatkan Literasi Sainspada Submateri Faktor Laju Reaksi (p. 12). Jurnal FKIP Unram.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Rajagrafindo Persada.
Lubis, P. I. H. Z., Sutrisno, & Lubis, A. H. (2017). Panduan Praktis Praktikum SPSS (Statistical Program for Social Science). 1–27.
Lutfi, A. (2021). Research and Development (R&D): Impplikasi dalam Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia FMIPA Unesa.
M, D. H. (1998). Metodologi Pembelajaran. Depdikbud.
Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-regulated learning: Current and future directions. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 2(3), 1–34.
Pawestri, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SD Muhammadiyah Danunegaran. Journal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), 6, 903–913.
Permatasari, R., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Self-Regulated Learning Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1123. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1123-1129
Philip, B. (2012). Self-Regulated Approach to Strategic Learning (SRSL): A Socio-cognitive Perspective. Journal of Language Teaching Linguistics and Literature, 8–21.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.
Puspendik. (2017). Ringkasan eksekutif hasil ujian nasional 2017 SMA/MA dan SMK masukan untuk pembelajaran di sekolah. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/
Putri, A. A., & Qosyim, A. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Saintifik 5M untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Padamateri Sistem Pernapasan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9, No. 1, 7–16.
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
S.Sadiman, A., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tri Astuti, R., & Marzuki, H. (2018). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa Sma. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
Refbacks
- There are currently no refbacks.