Development Of Hots (Higher Order Thinking Skills) Based Test Instrument On Stochiometry Materials For Class X Senior high School

shinta Marito Br Sijabat, Muhammad Yusuf

Abstract


Abstract: Development of HOTS (Higher Order Thinking Skills) Based Test Instrument on Stoichiometry Materials for Class X Senior High School  This study aims to develop a Higher Order Thinking Skills (HOTS) based test instrument on Stoichiometry material for X SMA students. The type of research used is Research and Development (R&D) using the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Planning, Development, Implementation, and Evaluation. The test instrument was validated by 4 experts, namely 3 Unimed chemistry lecturers, and 1 chemistry teacher using a validation question naire. Small group trials were conducted XI Natural Science 1 and large group trials were conducted X Natural Science 2 all students of  State Senior High School 21 Medan purposive sampling technique Data analysis techniques for content validity using Microsoft excel and construct validity using Aiken's formula. The results showed that the instrument developed had good characteristics in terms of  logical validity with a content validity index of 0.872 and construct validity of 0,91-1,00. The reliability coefficient of 0.81 is classified as very high. The data obtained shows that the Higher Order Thinking Skills (HOTS) based test instrument on stoichiometry material for SMA/MA students is valid and has good item quality. This is indicated by the overall high-level thinking ability of students has an average value of  66.54, with an average of  15 students answering questions correctly out of  23 questions In the category of high and very high value ranges of 61-100 produced 64% and for sufficient and low percentages with a range of values of 21-60 said added the resulting percentage is 36%. So That it is necessary to develop learning media using problem-based learning applications that improve student learning outcomes and it is concluded that the test instruments developed are feasible and effective for measuring students' HOTS.

Keywords:  HOTS-Based Test Instrument, Higher Order Thinking Skills, Stoichiometry

Abstrak: Pengembangan Instrumen Tes Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Stoikiometri X SMAPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi Stoikiometri untuk siswa X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Perencanaan, Pengembangan , Implementasi, dan  evalusi. Instrumen tes divalidasi oleh 4 orang ahli, yaitu 3 orang dosen kimia Unimed, dan 1 orang guru kimia dengan menggunakan angket validasi. Uji coba kelompok kecil dilakukan  XI IPA 1 dan uji coba kelompok besar dilakukan X IPA 2 seluruh siswa SMA Negeri 21 Medan. teknik purposive sampling Teknik analisis data untuk validitas isi menggunakan Microsoft exel dan validitas konstruk menggunakan formula aiken's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki karakteristik yang baik dari segi validitas logis dengan indeks validitas isi sebesar 0,872 dan validitas konstruk sebesar 0,91-1,00. Koefisien reliabilitas sebesar 0,81 tergolong sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi stoikiometri untuk siswa SMA/MA valid dan memiliki kualitas butir soal yang baik. Hal ini ditunjukkan secara keseluruhan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 66,54, dengan rata-rata siswa menjawab soal sebanyak 15 butir soal dengan benar dari 23 soal secara keseluruhan pada kategori rentang nilai tinggi dan sangat tinggi 61-100 yang dihasilkan 64% dan untuk persentase cukup dan rendah dengan rentang nilai 21-60 bilang dijumlahkan yang dihasilkan persentase adalah 36%. Sehingga, diperlukanlah mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan penerapan pembelajaran problem based learning yang meningkatkan hasil belajar siswa dan disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak dan efektif untuk mengukur HOTS peserta didik

 

Kata Kunci : Instrumen Tes Berbasis HOTS,  Higher Order Thinking Skills , Stoikiometri


DOI: 10.23960/jppk.v12.i2.2023.09


Full Text:

PDF

References


Anggraini, N. P., (2019). Analysis of higher order thinking skills students at junior high school in Surakarta. In Journal of Physics: Conference Series 1211(1), p. 012077. IOP Publishing

Amelia, H., Mustika, W., & Sri, H., (2018). Pengembangan Instrumen Kognitif Untuk Mengukur Penalaran Siswa SMP di Kota Banjarmasin Pada Materi Cahaya. Jurnal Berkala Ilmiah Fisika, 6(1): 83-97.

Amne, D. P. F. (2020). Pengembangan Instrument Tes Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi, Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan, Medan.

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi sebagai solusi Alternatif pendidikan di Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41-53

Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103-112.

Holiwarni, B. (2016). Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis kelas untuk Pembelajaran Kimia Sekolah Menengah atas pokok bahasan Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 1(2), 9-16.

Ismono, I. (2021). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dipadukan dengan Keterampilan Hots terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Studi Literatur. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 10-19

Kistiono. (2019). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1): 70-81.

Khoririah, Tri, J., & Abdurahman. (2018). Developement Of Assesment Instruments Higher Order Thinking Skills On Science Subjects For Student Grade Eight Junior High School. The Online Journl of New Horizons in Education, 8(2): 19-29.

Lestari, Y. I & Titin S. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Soal HOTS Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kriti, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2),76-82

Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2019). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta, Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor, 41.

Napitupulu, N. M., & Yusuf, M. (2022). Pengambangan Instrumen Tes Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Laju reaksi. JS (Jurnal Sekolah), 6(3), 162-168.

Silalahi, R. A. F. (2019). Pengembangan Instrument Tes Berbasis HOTS (Higher Other Thinking Skills) Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi, Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan, Medan.

Sulistiani, S, & Yusuf M, (2022), Development Of computer Based Test Instrument For Higher Order Thinking Skills (CBT-HOTS) On Chemical Bonding Materials Chemistry Educational Chemisty. Journal Of educational chemistry (JEC), 4(1), 31-38

Ulfa, D. K. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Konsep Diri Siswa dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Stoikiometri untuk Siswa Kelas X Mipa SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.

Wijaya, I. (2020). Perancangan dan Metode Pembelajaran karakteristik Pelajaran Jurnal Pti (Pendidikan Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia” Yptk” Padang, 9-20.

Wiwit, Amir, H., & Putra, D. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X(1), 71–78.

Yuliantanigrum, L. & Titin S. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Soal HOTS Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kriti, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2),76-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.