Application of Project Based Learning Learning Model on Electrolyte and Non Electrolyte Solution Material to Improve the Learning Outcomes
Abstract
Abstract: Application of Project-Based Learning Models in Electrolyte and Non-Electrolyte Solution Materials to Improve the Learning Outcomes. This study aims to determine student learning outcomes with a project-based learning model on electrolyte and non-electrolyte solutions. The sample in this study was class X MIPA 2 students who were taken by random sampling technique. This study used a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design. The experimental class uses the project-based learning and the control class uses the discovery learning model. The results of data analysis can be concluded that the project-based learning model can improve student learning outcomes, this can be seen from statistical data where the average value of student learning outcomes in the experimental class is 81.15 and the control class is 74.45. Based on the N-gain value, the project-based learning model is effectively used, it can be seen from the value of the experimental class 0.73 and the control class 0.6. Based on the results of the independent sample T-test, the results obtained were that there were significant differences in learning outcomes between the control class and the experimental class, obtained from the Sig. (2-tailed) 0.034<0.05.
Keywords: Project-Based Learning, Learning Outcomes, Electrolyte and Non-Electrolyte.
Abstract: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran project based learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang diambil dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan non equivalen control group design. Kelas eksperimen menggunakan model project based learning dan kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dapat dilihat dari data statistik dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,15 dan kelas kontrol sebesr 74.45. Berdasarkan nilai N-gain, model pembelajaran project based learning efektif digunakan, dapat dilihat dari nilai kelas eksperimen 0,73 dan kelas kontrol 0,6. Berdasarkan hasil uji independent sampel T test di dapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kels eksperimen, diperoleh dari nilai Sig. (2-tailed) 0.034<0.05
Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Full Text:
PDFReferences
Abduloh., Suntoko., Purbangkara, T., dan Abikusna, A. 2022. Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Adisasongko, N. (2022). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Materi Ajar Menggambar Segi Banyak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter,7(1):28-35.
http://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/viewFile/1304/371371784
Anggriani, F., Wijayati, N., Susatyo, E. B., dan Kharomah, K. (2019). Pengaruh Project-based learning produk kimia terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2404-2413.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/18548/932
Al-Tabany, T. I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konsektual. Jakarta: Kencana.
Atmi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkn Penguasaan Konsep pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 5 Kendari. Sekripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Halu Oleo.
Aqih, Z. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dywan, A. A, dan Airlanda, G. S. (2020). Model pembelajaran efektivitas berbasis proyek berbasis stem dan tidak berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu , 4 (2):344-354.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/353-1105-2-PB%20(2).pdf
Fatma., Marhadi, M. A., dan Rudi, L. 2020. Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA Materi Larutan Asam-Basa. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(2):59-61.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/26305-83237-1-PB.pdf
Fatnah, N., Azizah, D., dan Cahyani, M. D. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Kegiatan Fun Chemistry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMK. Jurnal Zahra, 9(1):15-116.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/2461-Article%20Text-12574-1-10-20210523%20(1).pdf
Gultom, E. R., dan Zainuddin, M. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran E-Learning Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4):327-333.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/Elisabet+Rosmadelila+Gultom,+Zainuddin+Muchtar%20(1).pdf
Harnila. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Seulimum Aceh Besar pada Materi Minyak Bumi. Sekripsi. Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Jannah, A. M., Mulyani, B., dan Masykuri, M. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PiBL) pada Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Kelas X MIA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia. 7(2):190-191.
http://entalpipendidikan.ppj.unp.ac.id/index.php/epk/article/view/103/pdf
Khairiyati. 2020. Studi Komparasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Sekripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
https://repository.uin-suska.ac.id/41183/2/SKRIPSI%20KHAIRIATI.pdf
Lukman, L.A ., Martini, K. S., dan Utami, B. 2015. Efektifitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai Media Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Kiloid di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1):113-114.
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/viewFile/5180/3656
Makki, I. M., dan Aflahah. 2019. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Jawa Timur: Duta Media Publising.
Meriliani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks di SMA Negeri 1 Lhoksukon. Sekripsi. Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9882/1/MERILIANI%20(150208063).pdf
Muchtardi. 2020. Kimia 1. Bandung: Yudhistira.
Muliaman, A. 2021. Efektivitas Model Project Based Learning Berorientasi eXe Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1):51-56.
http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/956/574
Nisa, A. R. K., dan Harrista, S. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Pemahaman Materi Kimia pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Agaman dan Budaya, 6(2):141-147.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/2008-5059-1-PB%20(1).pdf
Permendikbud. Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
https://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-103-tahun-2014.pdf
Rachman, A. M. F. H dan K. Anom, W. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Kimia pada Materi Sistem Koloid Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1):1-2.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/viewFile/8195/4278
Rahardjo, S. B., dan Ispriyanto. 2016. Buku Siswa. Kimia Berbasis Eksperimen. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Riana, I. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Baitussalam. Sekripsi. Prodi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9624/1/oke.pdf
Rifai, A. S., Utomo, S. B., dan Indriyanti, N. Y. 2021. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2):123-124.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/41379-156403-1-PB%20(1).pdf
Siburian, B. K., Rampe, M. J., dan Lombok, J . Z. 2021. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 3(2):76-79.
file:///C:/Users/Acer/Downloads/282-25-1362-1-10-20220207.pdf
Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Fatchurrohman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Chairunnisa., Subroto, D.E., dan Mardhiyana, D. 2022. Model-Model Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka;Universitas Negeri Medan.
Sitaresmi, K. S., Saputro, S., dan Utomo, S. B. 2017. Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk), 6(1):54-56.
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/viewFile/9405/7476
Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on the Project. Calivornia:The Autodesk Foundation.
Widyasari, F., Indriyanti, Y. N., dan Mulyani, S. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model PjBL dan PBL Berdasarkan Representasi Tetrahedral Kimia Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jkpk (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(2):93-95.
http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=958707&val=14736&title=The%20Effect%20of%20Chemistry%20Learning%20with%20PjBL%20and%20PBL%20Model%20Based%20on%20Tetrahedral%20Chemistry%20Representation%20in%20term%20of%20Students%20Creativity
Refbacks
- There are currently no refbacks.