Implementation of Project Based Learning to Improve Student Learning Outcomes and Activeness in Fundamental Laws of Chemistry

Dita Rofiqa Damayanti, Dian Novita, Suyatno Suyatno

Abstract


Abstract: Research has been carried out on the application of the Project Based Learning learning model to improve student learning outcomes and activities. This study aims to apply the Project Based Learning learning model to improve learning outcomes and the activity of students in class X even semesters on Basic Chemical Law material in class X 3 of SMA Negeri 2 Surabaya. This study was designed with a action research, namely the process of improving learning is carried out in two cycles with the assumption that if the first cycle is successful then the second cycle will serve as a consolidation. However, if cycle I is not successful, then cycle II is used as an improvement until the goal of improvement is achieved. The instrument in this study was the student activity observation sheet and the student learning outcomes test sheet. The data collection method used is the questionnaire method, the observation method, and the test method. The learning model used is declared effective if 80% of students get a minimum N-Gain score of 0.3 or in the medium category. Based on the results of the research and data analysis conducted, it can be concluded that the application of the Project Based Learning learning model can improve learning outcomes and the activeness of class X 3 students of SMA Negeri 2 Surabaya in the material on Basic Chemical Law for the 2022/2023 academic year. Student learning outcomes based on N-Gain increased from cycle I 0.28 or low criteria to 0.75 or high criteria in cycle II. This can also be seen from the activeness of students who have increased from 10% to 10.22% in learning activities.

 

Keywords: Project based learning, learning outcome, activeness.

 

Abstrak: Telah dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X semester genap pada materi Hukum Dasar Kimia di kelas X 3 SMA Negeri 2 Surabaya sebanyak 35 peserta didik. Penelitian ini didesain dengan penelitian Tindakan kelas yaitu proses perbaikan pembelajarandilaksanakan dalam dua siklus dengan asumsi apabila siklus I berhasil maka siklus II sebagai pemantapan. Akan tetapi apabila siklus I belum berhasil maka siklus II dijadikan perbaikan sampai dengan tujuan perbaikan tercapai. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa .dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode observasi, dan metode tes. Model pembelajaran Project Based Learning yang digunakan dinyatakan efektif apabila 80% peserta didik minimal mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,3 atau dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X 3 SMA Negeri 2 Surabaya pada materi Hukum Dasar Kimia tahun pelajaran 2022/2023. Hasil belajar peserta didik berdasarkan N-Gain mengalami peningkatan dari siklus I 0,28 atau kriteria rendah menjadi 0,75  atau kriteria tinggi pada siklus II. Hal tersebut juga terlihat dari keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari 10% menjadi 10,22% pada kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: Project Based Learning, hasil belajar, keaktivan


DOI: 10.23960/jppk.v12.i2.2023.11


Full Text:

PDF

References


Afriana, Jaka, Anna Permanasari dan Any Fitriana. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegritas STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Unovasi Pendidikan IPA. 2(2): 202-212.

Anggraini, Putri Dewi. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292 299.

Fahadah, Shima Elya, Nurika, dan Firya Lutfiya. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 198-208.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept of Physics Indian University.

Handoyono, Nurcholish Arifin. 2016. Pengaruh Inquiry Learning Dan Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkkr Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6(1): 31-42.

Haryati, Eka, Yayuk Andayani, dan Syarifa Wahida Al Idrus. (2019). Analisis Minat Belajar dan Kemauan Awal Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Minyak Bumi. J. Pijar MIPA, 14(3), 128-134.

Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. 1(1): 150-168.

Mistawati dan Endah Resnandari Puji Astuti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Network Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 40-47.

Muntari, Agus Abhi Purwoko, Lalu Rudyat Telly Savalas, dan Wildan. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 120-124.

Nurkhasanah, Siti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI.A SMP Negeri 1 Gangga. Jurnal Kependidikan. 5(1): 47-53.

Rahma, F.M., I N. Tika, dan I W Karyasa. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Model Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 3(2): 77-82.

Rosyid, Naylur dan Eha Suhayati. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’ad. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 76-96.

Setyowati, Nuning dan Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermaksa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(3): 253-263.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Andita Putri, Stefanus C. Relmasira, dan Agustina Tyas Asri Hardini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta. Deepublish.

Zakiyah, I. (2019). Implementasion of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Studen on Poetry Wriring Skill. Journal of Promary Education, 8(1), 51-58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.