Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah

Margareta Dewi Astuti, Noor Fadiawati, Andrian Saputra

Abstract


Abstract:

This research was describing the effectiveness of project based-learning on recycling of waste cooking oil in improving students' creative thinking skills. The method applied was a quasi-experimental with the matching only pretest-posttest control group design. The population were all students of class XI sciense in SMA 14 Bandar Lampung.  The technique was done by using purposive sampling, experimental class (XI science 6) and as the control class (XI science 4). Data analysis used parametric statistical tests which belonged to t-test and n-gain calculation. The results that average of posttest value  in the experimental class was higher than  control class, and the average of n-gain in the experimental class was in moderate category it can be concluded that waste cooking oil recycling project based learning is effective in improving students' creative thinking skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas eksperimen (XI MIA 6) dan kelas kontrol (XI MIA 4).  Teknik analisis data yaitu uji statistik parametrik uji  dan perhitungan n-gain.  Hasil penelitian ini nilai rata-rata postes siswa dikelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol serta n-gain rata-rata dikelas eksperimen berkategori sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, limbah minyak jelantah, pembelajaran berbasis proyek


Full Text:

PDF PDF PDF PDF

References


Agustin, S.(2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Cairan Pemutih (PBMPLCP) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Agustina, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Project Based-Learning Berbasis Pendekatan Jelajah Alam sekitar Terhadap Kreativitas Peserta Didik Sman 1 Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal EduBio Tropika.5(2),54-106.

Appulembang, Y.A. (2017). Norma Kreativitas Menggunakan TorranceTest of Creativity Thingking.Journal provitae.9(1), 1-3

Arisanty Wa O. L, Supandi, W.,& Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia. 8(1), 82-95.

Asmi, S., Hasan,M& Safitri, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 20-26.

Astuti, R. (2015). Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. Jurnal Bioedukasi Universitas Pendidikan Indonesia.8(2), 37-41.

Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thingking Skills in Problem-Based Learning Environments. Ustun Zekalilar Egitime Ve Yaraticilik Dergesi. 2(2), 71-80.

Davies, R. (2015). Industry 4.0 Digitalisation for productivity and growth. [online]: http://www.europarl.europa.eu/RegData/etudes/BRIE/2015/568337/EPR) _BRI(2015)568337_EN.pdf,Diakses pada 6 Desember 2018 pukul 20.00 WIB

Diawati, C., Liliasari, Agus, S. & Buchari. (2017). Students’ construction of a simple steam distillation apparatus and development of creative thinking skills: A project-based learning. American Institute of Physics. 1848(1), AIP Publishing.

Diki, S. (2017).Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Pengolahan Limbah Organi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas XI di SMKN Enrekang.(Tesis). Universitas Negeri Makassar. Makassar

Fraenkel, J. R. &Wallen, N. E. (2006). Howto Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. McGraw-Hill Inc. New York.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement VersusTraditional Methods: A six Thousand-Students Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal OfPhysics. 66(1), 64-74.

Junaidi, A. (2015). Internet of things, sejarah teknologi dan Penerapannya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 1(3), 1-4

Kusumaningtyas, R.D., Qudus, N., Putri, R. D. & Kusumawardani, R. (2018). Penerapan Teknologi Pengolahan Limbah Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Cuci Piring untuk Pengendalian Pencemaran dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Abdimas. 22(2), 201-208.

Lipoeto, E. (2011). Synthesis of Biodiesel viaAcid Catalysis. Ind. Eng. Chem. Research. 44(14), 5353-5363

Maisaroh. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Oleh Limbah Detergen Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. (Skripsi). Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Marjan, J., Arnyana, Setiawan. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma Mu’alimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Ganesha. 4(1).1-12.

Merkel, D. (2014). Docker lighttweight linux containers for consistent development and deployment.Linux journal.239(2), 2

Nugroho, G. A. (2017). Penerapan Project Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa KelasX IPS 1 SMA N 2 Boyolali. (Skripsi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Permendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia. Jakarta.

Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DivaPress.

Raniah, D., Efendi, R., & Liliawati, W. (2018). Profil Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gelombang Bunyi dalam Membangun Kemandirian dan Daya Saing Bangsa Melalui Pendidikan dan Penelitian Fisika prosiding dari Seminar Nasional Fisika. (pp. 19-24). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Reta,I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 2(1), 1-4.

Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Suryandari. (2014). Pelatihan Pemurnian Minyak Jelantah dengan Kulit Pisang Kepok untuk Pedagang Makanan di Pujasera Ngaliyan. Dimas, jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan.14(1), 57-70.

Suardana, H. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jurnal Teknik Industri. 1(2), 102-110.

The George Lucas Educational Foundation. (2005). Intructional module project based learning. Diakses dari https://www.edutopia.org/projrct-based learning.

Ulfa, M. (2018).Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A&Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding dari Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 263-271). Jakarta

Wulandari, M. W., Liliasari, M., & Supryanti,M. T. (2011). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA. 16(2), 116-121


Refbacks

  • There are currently no refbacks.