Efektivitas Model PLGI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Garam Menghidrolisis

Angela Merichi Ayu Puspitaningtyas, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This study was aimed to describe the effectiveness of the PLGI model to improve concepts mastery of students on hydrolyzing salt topics. The method in this study was quasi-experiment, a purposive sampling technique was used in determining the samples thus XI MIPA 1 was chosen as an experiment class and XI MIPA 2 was a control class. The data analysis technique uses the non-parametric statistical test, the Mann-Whitney U test. Based on the results of statistical calculation that the average concepts mastery n-gain of the experimental class was 0.76 and the average n-gain control class was moderate, 0.47. The Mann-Whitney U test result showed a significant difference between the average n-gain in the experimental class and the control class with a significant value of 0.000. Based on the results of these studies it can be concluded that the PLGI model is effective to improve the mastery of the concepts of hydrolyzing salt topic.

Keywords: hydrolyzing salt, PLGI model, concepts mastery

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk meningkatkan penguasaan konsep oleh siswa pada materi garam menghidrolisis. Desain dalam penelitian ini adalah quasi experiment, pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil dari perhitungan statistik rata-rata n-gain penguasaan konsep kelas eksperimen berkriteria tinggi yaitu 0,76 dan rata-rata n-gain kelas kontrol berkriteria sedang yaitu 0,47. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikannya 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model PLGI efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi garam menghidrolisis.

Kata kunci: garam menghidrolisis, model PLGI, penguasaan konsep

http://dx.doi.org/10.23960/jppk.v8.i2.201903 



Full Text:

PDF

References


Abdurrohim. (2016). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam. (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan kemampuan generalisasi matematis melalui discovery learning dan model Pembelajaran peer-led guided inquiry. (Skripsi). Lampung: IAIN Raden Intan.

Dewi, S.W. (2010). Pembelajaran peer-led guided inquiry pada materi redoks dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa sma, (Tesis). Bandung: UPI Bandung.

Fadiawati, N., & Syamsuri, M. M. F. (2016). Merancang pembelajaran kimia di sekolah berbasis riset pengembangan. Lampung: Media Akademi.

Gulo. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hermansyah, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2): 97-102.

Iqbal, Z., Rudibyani, R.B., & Efkar, T. (2018). Penerapan model problem solving dalam menigkatkan penguasaan konsep asam basa arrhenius. Jurnal Pendidikan Kimia Unila. 7(1): 50-62.

Kulatunga, U., Richard S. M., & Jennifer E. L. (2013). Argumentation and participation patterns in general chemistry peer-led sessions. Journal Of Research In Science Teaching. 50(10): 1207-1231.

Moseley. (2005). Framework of thinking a handbook for teaching and learning. Chambrige. Chambrige: University Press.

Nadiah, L., Mahdian, M., & Hamid, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran plgi terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam siswa kelas xi pmipa sman 3 banjarmasin. Journal of chemistry and education. 1(1): 73-85. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Nuraeni, N. (2010). Efektivitas penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. (Skripsi). Bandung: UPI Bandung.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasinta, J. D. (2018). Efektivitas model pembelajaran adi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rahmah, E., Rosilawati, I., & Efkar, T. (2014). Model plgi materi larutan elektrolit non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Saumi, M., Sanjaya, & Anom. (2014). Peningkatan hasil belajar kimia melalui peran tutor sebaya siswa kelas x.a sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. 1(1): 43-50.

Saputra, Z. A. H., Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia model inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains. 6(1): 1218-1223.

Sari, I. N. (2018). Pengaruh model pembelajaran simayang dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia pada materi asam basa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Schraw, Gregory, & Robinson, D. H. (2011). The development of higher order thinking skill (HOTS) instrument assessment in Physics study. Assessment of Higher Order Thinking Skill. 22(1): 26-32

Suyanti. (2016). Hubungan antara efikasi diri dan kemampuan metakognisi dengan penguaaan konsep kimia siswa melalui model simayang tipe ii. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusmansyah. (2002). Penerapan metode latihan berstruktur dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap persamaan reaksi kimia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 35(8): 105-125.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Wasonowati, R. R.T., Redjeki, T., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran hukum - hukum dasar kimia ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa kelas x ipa sma negeri 2 surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan UNS. 3(3): 66-75.

Wiseman, G. (2002). Nutrition and health. London: Taylor and Francis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.