Efektivitas LKS Berbasis KPS Asam-Basa dalam Meningkatkan KPS Siswa Laki-laki dan Perempuan

Adi Ariska, Noor Fadiawati, Nina Kadaritna

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of students worksheets in improving students science process skills (SPS) of male and female students. The 2x2 factorial design was used in this research. The population in this research were students of class XI science at SMAN 16 Bandar Lampung on academic year 2016-2017. The sample in this research were students of class XI science 4 and XI science 6 that was taken by purposive sampling technique. The instrument in this research were student worksheet based on SPS and conventional, pretes and postest questions and attitude assessment sheet. Two ways ANOVA test and t test were used as data analysis technique. The results showed that SPS based on students worksheets effective in improving students SPS of male and female students compared to conventional students worksheets. There was no interaction between learning by students worksheets and gender to SPS.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas LKS dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa laki-laki dan perempuan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKS berbasis KPS dan konvensional, soal pretes dan postes, serta lembar penilaian sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis KPS efektif dalam meningkatkan KPS siswa laki-laki dan perempuan dibandingkan dengan LKS konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan LKS dengan jenis kelamin terhadap KPS siswa.

Kata kunci: asam-basa, jenis kelamin siswa, KPS, LKS


Full Text:

PDF

References


Abungu, H. E. O., Okere, M. I. O. dan Whacanga, S. W. 2014. Effect of Science Process Skills Teaching Strategy on Boys and Girls Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Education and Practice. 5(15): 42-48.

Addiin, I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 3(4): 7-16.

Aniodoh, H. C. O. dan Egbo, J. J. 2013. Effect of Gender on Students Achievement in Chemistry Using Inquiry Role in Instructional Model. Journal of Educational and Social Research. 3(6): 17-21.

Anisa, T. M., Supardi, K. I. dan Sedyawati, S. M. R. 2014. Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 8 (2): 1398-1408.

Ardhiantari, W. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Hukum-Hukum dasar Kimia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ardiyanti, Y. 2011. Penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terbuka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep-konsep Inti, Edisi Ketiga, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ergul, R., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdil, Z., Gocmencelebi, S. dan Sanli, M. 2011. The Effects of Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Students Science Process Skills and Science Attitudes. Bulgarian Jurnal of Science and Education Policy (BJSEP). 5(1): 48-68.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66 (1): 64-74.

Haryono, Y. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gender Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Kemendikbud. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniati, T. 2001. Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis PPs UPI. Bandung: UPI Bandung.

Mulyani, M. 2012. Implementasi Kurikulum Level Mikro Melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Turnament (TGT) pada Pembelajaran Kimia SMA. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muthoharoh, U., Budiyono, dan Nugraheni, P. 2013. Hubungan Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Online. Tersedia di http://ejournal. umpwr. ac.id/ index.php/ekuivalen/article/ download/1174.

Nasution. 2014. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Orimogunje, T. 2013. A Study in Mathemagenic Activities: Gender Differences in Understanding Chemistry. Implication for Women Education. Journal of Education and Practice. 4 (1): 63-68.

Oxtoby, D. W., Gillis, H. P. dan Nachtrieb, N. H. 2001. Prinsip-Prinsip Kimia Modern. Edisi Keempat. Jilid 1. Diterjemahkan oleh Achmadi, S. S. Jakarta: Erlangga.

Slavin R. E. 2006. Psikologi Pendidikan: Teori and Praktik. Jakarta: Indeks.

Taslidere, E. 2013. The Effect of Concept Cartoon Worksheets on Students Conceptual Under-standings of Geometrical Optics. Education and Science. 38(167): 144-161.

Tawil, M. dan Liliasari. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Trianto. 2008. Mendesaian Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) di kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Utami, W. S., Sumarmi, I. N., Ruja dan Utaya, S. 2016. The Effectiveness of Geography Student Worksheet to Develop Learning Experiences for High School Students. Journal of Education and Learning. 5(3): 315-321.

Veloo, A., Hong, L. H. dan Lee, S. C. 2015. Gender and Ethnicity Differences Manifested in Chemistry Achievement and Self-Regulated Learning. International Education Studies. 8(8): 1-12.

Wahono. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

Widodo, A. 2013. Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L. dan Sigit, D. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.