PENGEMBANGAN ALAT GERAK JATUH BEBAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP GERAK JATUH BEBAS

Dian Ekasari, Agus Suyatna, Feriansyah Sesunan

Abstract


This research development aimed to produce a Free Fall Motion device and LKS that can be used as an media of physics learning.The model was adapted from Sadiman which included phases need analysis, formulate learning objective, materials, develop evaluation instruments, prepare draft of media, validation from expert, experiments, and final product. Results of this study produced the Free Fall Motion device which able to measure the time of falling object automatically, vary the height of falling objects, release the falling objects automatically, and investigate influence of mass toward the time of falling object use sound sensor.The product which was developed had been tested expertly testing design and materials. Results from experiments showed that device used very attractive, easy to use, and very useful. The learning outcomes of students after using the device showed that 100% had reached KKM so that the developed product was highly effective and acceptable to be used as a learning media.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan alat Gerak Jatuh Bebas beserta LKS yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Model pengembangan diadaptasi dari Sadiman yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menyusun draft media, validasi ahli, uji coba, dan produk akhir. Hasil penelitian berupa alat Gerak Jatuh Bebas yang mampu mengukur waktu jatuh benda secara otomatis, memvariasikan ketinggian jatuh benda, pelepasan benda jatuh secara otomatis, dan dapat menyelidiki pengaruh massa benda terhadap waktu jatuh dengan memanfaatkan sensor suara. Produk yang dikembangkan telah diuji desain dan materi. Hasil uji coba menyatakan bahwa alat yang digunakan sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Hasil belajar siswa setelah menggunakan alat ini 100% mencapai batas KKM sehingga produk yang dikembangkan sangat efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: alat eksperimen, gerak jatuh bebas, lembar kerja siswa, sensor suara


Full Text:

PDF

References


Syhar, Rayanda. 2011. Kreatif Me-ngembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Sadiman, A.S. Raharjo,R., Haryono, Anung dan Rahardjito. 2006. Media Pendidikan, Pengertian,Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Susilana, Rudi, & Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyanto, Eko. 2006. Penguasaan Teori dan Praktik Membuat Skenario Pembelajaran Mikro. Bandarlampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.