PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Yeda Espita, Abdurrahman -, Viyanti -

Abstract


Based on observations and interviews with one of physics tea-chers in Junior High School AlKautsar Bandar Lampung, that there is still value physical science students who have not passed. Physical science is one of those subjects that can not simply be transferred from the teacher to the student. This study aimed to determine the effect of learning activities and metacognition skills the results of physics students learn science through discovery learning method. The research using design one-shot case study. Based on the research that has been carried out, showing that there are significant positive linear and significant correlation between learning activities and metacognition skills on learning outcomes of physical science students.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru IPA fisika di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung, bahwasanya masih ter-dapat nilai IPA fisika siswa yang belum mencapai KKM. Mata pelajaran IPA fisika adalah salah satu mata pelajaran yang tidak bisa ditransfer begitu saja dari piki-ran guru ke siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan keterampilan metakonisi terhadap hasil belajar IPA fisika siswa mela-lui metode pembelajaran discovery. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPA fisika.

Kata kunci : aktivitas belajar, keterampilan metakognisi, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Aisyah. 2009. Peranan Metode Discovery dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 30 Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Basith, Abdul. 2011. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Think Pair Share (TPS). Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Irani, Desti. 2012. Pengaruh Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Isman. 2011. Metode Penenemuan (discovery methods). Diakses tanggal 27 Sepetember 2012 dari: http://www. gurukelas.com

Livingstone, Jennifer A. 1997.“Metacognition: An Overview” Tersedia pada:http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/ CEP564/Metacog.html.)

Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.