PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research was aimed to know the influence of leaflet material study in improving student learning result. This study design was pretest-post test non equivalent group. Samples were VIIID and VIIIF was chosen by clusster random sampling. The data of this research were qualitative and quantitative. The quantitative data were the average of pretest, posttest and N-gain score, then were analyzed by using U-test. The qualitative data was gotten by student learning activity and questionnaire that was analyzed descriptive. The result showed that the students learning outcomes also develop, with N-gain average score (68.9). The students learning activity increased by well criteria (75.4). The most of students responded positively to the application of the leaflet material study. Thus, it could be concluded that application leaflet material study was influenced improve the student learning result and the student learning activity on the material of circulation system.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar leaflet dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIID dan VIIIF yang dipilih dari populasi secara clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain, kemudian dianalisis dengan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 68,9. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria baik (75,4). Selain itu hasil angket menunjukkan sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa siswa pada materi pokok sistem peredaran darah manusia.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, leaflet, sistem peredaran darah manusia
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, M. 2012. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Dengan Model Pembelajaran TPS Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pernafasan.Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Lampung.
Daryanto. 1999. Hasil Belajar Siswa. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, S.B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Khumaidah. 2010. Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi dengan Bahan Ajar Jenis Leaflet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia padaSiswa Kelas XI SMA Sultan Fatah Wedung Demak (skripsi). Iain Walisongo. Semarang. Diakses dari. http//:www.Library.iainws.ac.id. Pada hari Minggu, 21 April 2013 (09.55 wib).
Muliani. 2009. Masalah Pendidikan di Indonesia. Bangka Belitung. Diakses dari http//:www.ubb.ac.id. Pada hari Selasa, 16 April 2013 (08.00 wib).
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.
Sardiman. 2003. Aktivitas Belajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Setyono, B. 2005. Penyusunan bahan ajar pdf. Jakarta. Diakses dari http//:www.smasewon.com. Pada hari Minggu, 21 April 2013 (13.30 wib).
Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Bumi Aksara. Jakarta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.