PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Ruwanti Ruwanti, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to determine the effect of STAD and Jigsaw models in increase  material mastery. The design is pretest-posttest distinguish class. The sample were class VIIIC and VIIID which selected by purposive sampling. The data in quantitative and qualitative form. Quantitative data obtained from the average of pretest, posttest and gain were analyzed using U test. Qualitative data obtained  form the observatin sheet of learning activities were analyzed decriptive. The results showed that the material mastery of students Jigsaw model (gain 0,70) significantly different than the STAD model (gain 0,50). Student’s learning activity used Jigsaw model is in enough criteria ( 58,17 %) whereas the STAD model has less criteria ( 47,17 %). Thus, average material mastery and student’s learning activity used Jigsaw models is higher than student who used the STAD models in the sybject matter of Human Motion Systems.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model STAD dan Jigsaw terhadap penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah tes awal tes akhir kelompok pembanding. Sampel penelitian adalah kelas VIIIC dan VIIID yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi oleh siswa pada model Jigsaw (gain 0,70) berbeda secara signifikan dibandingkan model STAD (gain 0,50). Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berkriteria cukup ( 58,17 %) sedangkan dengan model STAD berkriteria kurang ( 47,17 %). Dengan demikian, rata-rata penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model STAD pada materi pokok Sistem Gerak Manusia.

Kata kunci : aktivitas belajar siswa, jigsaw, penguasaan materi siswa, STAD


Full Text:

PDF

References


Amri, S dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Aqip, Z. 2013. Model-Model, Media, Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Whidia. Bandung.

Dwihartini, N. 2011. Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Diakses pada 07 April 2013 dari http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2011/05/32.pdf.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasanah, P.Y. 2007. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Jigsaw dalam Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di MTs NU Ungaran. Semarang. Diakses pada 20 September 2013 dari http://www.scribd.com/doc/454950.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.

Lince, E.N. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Jakarta. Kompas.com. Diakses pada 13 April 2013 dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan.Matematika.Indonesia.Menurun.

Melizawati, A. 2011.Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Pokok Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Tanjungbintang (Skirpsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Prawiradilaga, D. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Riyanto. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Suwanti, 2012. Perbandingan Penguasaan Materi Sistem Pencernaan oleh Siswa antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Jigsaw (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Wardhani, S dan Rumiati. 2011. Instrumen penilaian hasil belajar SMP Belajar dari PISA dan TIMSS. Diakses pada 13 April 2013 dari www.p4tkmatematika.org.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.