PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Salmah Salmah, Darlen Sikumbang, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


The purpose of this stud was determined the increased in activities and student learning outcomes using the cooperative model STAD. Activities undertaken included planning, action, evaluation and reflection for each cycle. The research of data was quantitative data obtained from the average test scores that analyzed by calculating the score for the observation of students' learning activities and the value of student learning outcomes.The results of this study showed student activities on the first cycle of 60.33 and 82.78 at the second cycle so increased to 22.44 thus the implementation of STAD model affect the increased activities and student learning outcomes in the material characteristic features of living things.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif Tipe STAD. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi untuk tiap siklus. Data penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang di analisis dengan menghitung skor terhadap hasil observasi aktivitas belajar siswa dan nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60,33%  dan siklus II yaitu 82,78% sehingga dari kedua siklus meningkat menjadi 22,44%. Dengan demikian penerapan model STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

 

Kata kunci : aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, hasil belajar IPA, model STAD.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Rineka cipta. Jakarta

Aini, Q. 2011. Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan P. MIPA Program Studi S1 Pendidikan Biologi. UNILA

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta Jakarta.298 hlm

Lie, Anita.2002. Cooperative Learning. Grasindo.Jakarta.

Memes, W. 2001. Perbaikan pembelajaran topik kalor di SLTP.Jurnal Pendidikan dan pengajaran FKIP Negeri Singa Raja. Departemen pendidikan Nasional RI

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.