Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Dede Shinta Sari, Tri Jalmo, Ismi Rakhmawati

Abstract


The objective of this research is to analyze the effectiveness of online learning on the cognitive learning outcomes of students. The population used in this study were all students in class XI MIPA 3 to XI MIPA 7 SMA Negeri 14 Bandar Lampung in the academic year 2020/2021, which consist of 143 people using purposive sampling technique. This research design is a descriptive design by a survey approach. Data were analyzed descriptively referring to the Minimum Criteria of Mastery Learning with classical completeness requirements of >60% and counting the number of respondents’ answers from each statement on the questionnaire.Based on the research results show that the cognitive learning outcomes of students achieve completeness of 60.4% classically and most of the learning outcomes of students are in the excellent category, which is 43.35%, so it can be concluded that online based learning is effective on the cognitive learning outcomes of students.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 3 sampai XI MIPA 7 SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 143 orang menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini merupakan desain deskritif dengan pendekatan survei. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase ketuntasan hasil belajar yang mengacu pada KKM dengan syarat ketuntasan secara klasikal sebesar >60% dan menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pernyataan pada angket. Bersarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 60,4% dan sebagian besar hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik sekali, yaitu sebesar 43,35%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.

 

Kata kunci: efektivitas, hasil belajar kognitif, pembelajaran daring

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22294


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Asessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition. Addison Wesley Longman, Inc. New York.

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Badawi, A.I. & Qaddafi, M. 2015. Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika. 2 (3) 110-114.

Baroh, Chasniatul. 2010. Efektivitas Metode Simulasi dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Pembahasan Peluang di Kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. (Tesis).UIN Sunan Ampel Surabaya.

Bilfaqih, Y. & Qomarudin, M.N. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish. Yogyakarta.

Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. Longmans, Green and Co. New York.

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan. 8 (2) 101-203.

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. 2020. Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education. 77 (4) 729-732.

Damayanthi, A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Edutech. Vol. 19 (3). 189-210.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1 (4) 104 – 117.

Hamalik, O. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Bandung.

Hasnunidah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian. Media Akademi. Yogyakarta.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. 2020. Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika. 8 (1) 78–86.

Kurniasari, Asrilia, dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar (Daring). 6 (3) 246-253.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kusuma, A., dan Astuti, W. 2019. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah. 8 (2) 67-89.

Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B. 2014. Problems and Decision in the Field of Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 131 (904) 111–117.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. Internet and Higher Education.14 (2) 129-135.

Mulyono, Setyo, A.A., dan Trisnawati, N.F. 2020. Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (3) 411-422.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. 2 (2) 1-12.

Nuriansyah, Fazar. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia. 1 (2) 61-65.

Nurlaela, A. 2016. Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea. 14 (1) 40–48.

Nugraha, S.A., Sudiatmi, T & Suswandari, M. Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (3) 265-276.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Pustikayasa, I. M. 2019. Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu. 10 (2) 53-62.

Pribowo, F. S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah IPA Berbasis Pendekatan Scientific Approach. Pedagogia Jurnal Pendidikan. 6 (1) 54-66.

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (1) 15-32.

Rohwati, M. 2012. Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1) 75-81.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Riyana, Cepi. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka. Tanggerang Selatan.

Safriandi, Syahriandi, Radhiah, Trisfayani. 2021. Keefektifan Perkuliahan Daring pada Masa Covid-19 di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Malikussaleh. Jurnal Dedikasi Pendidikan. 5 (1) 187-196.

Sari, Y.P., Rahman, A., Kasrina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Studi Pengaruh Osmosis terhadap Warna Mata. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2) 16-21.

Sipahutar, H., Adriana, Y.D. 2015. Koreksi Miskonsepsi Mahasiswa terhadap Materi Biologi Sel dengan Media Pembelajaran Berbasis Video. Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat. 471-491.

Setiawati, Wiwik, dkk. 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, Nana. 2010. Proses dan Hasil Belajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Suhermiati, Ita. 2015. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Sintesis Protein Ditinjau dari Hasil Belajar Biologi Siswa. 4 (3) 985-990.

Sujianto, A. E. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Uno, H.B, & Lamatenggo, Nina. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Wicaksono, D. A., dan Wakid, M. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menggunakan Alat - Alat Ukur. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. 15(2) 23–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.