Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Dalam Pembelajaran Daring Di SMP
Abstract
This study aims to obtain information about the level of science process skills skills of class VIII students during online learning on motion system material. The sample in this study was 161 class VIII students at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung for the 2020/2021 academic year. The research design used was Cross Sectional Ex Post Facto using Saturated Sampling technique. Methods of data collection using the method of tests, interviews, and questionnaires. Based on the results of research, the ability of science process skills carried out in online learning at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung belongs to the category "Enough" with a percentage of 46.85 %%. When viewed from the percentage of indicators, namely observing 33.13%, classifying 51.22%, predicting 58.74%, concluding 50.91%, and communicating 40.85%.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan proses sains proses peserta didik kelas VIII selama pembelajaran daring pada materi sistem gerak. Sampel pada penelitian ini adalah 161 peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional Ex Post Facto dengan menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Metode pengambilan data menggunakan metode tes, wawancara, dan angket. Analisis keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tergolong pada kategori “cukup” dengan persentase 46.85%.Jika dilihat dari persentase perindikator keterampilan proses sains yaitu pada indikator mengamati 33.13%, mengklasifikasi 51.22%, memprediksi 58.75%, menyimpulkan 50.91%, dan mengomunikasikan 40.85%.
Kata kunci: keterampilan proses sains, pembelajaran daring, SMP
Full Text:
PDFReferences
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Heldalia, H. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pemantulan Pada Cermin Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 1013-1019.
Desideria, S., Dj, L., & Zainul, R. (2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI IPA pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 15 Padang.
Dewi, P.K., dan Hayat, S.M. 2016. Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Kelas XI IPA Se-Kota Tegal. Prosiding Seminar Nasional. Hal 395-404.
Eliyana, E. 2020. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjarejo di Masa Pandemi Covid-19. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Vol 2(2): 87-100.
Khairunnisa, I. 2019. Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol 1(2):58-65.
Putria, H., Maula., & Uswatun, D.A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 4(4):861-872.
Ramadhani, P.R., Akmam., Desnita., Darvina, Y. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Pillar of Physics Education. Vol 12(4):649-656.
Ratulangi, W.R., Budiasih, E., & Wijaya, A.R. 2020. Pengaruh Model Daur Belajar 5 Fase terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 5(9): 1249-1256.
Risamasu, P. 2016. Peran Pendekatan Keteramilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. P73-81.
Siswono, H. 2017. Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal. Vol 1(2): 83-90.
Sufiyanto, M.I ., & Hefni, M. 2021. Analisis Penggunaan Praktikum SederhanaUntuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di SDN Durbuk III Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Vol 3(1): 1-17.
Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. 2015. Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Pada Materi Gerak. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains: 217-220.
Solihati, B., Achmad, A., & Yolida, B. 2016. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. Vol 4(1): 1-13.
Wismaningati, P., Nusnowati, M., Sulistyaningsih, T., & Eisdiantoro, S. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Koloid Berbasis Proyek Bervisi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2287-2294.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.