Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi terhadap Keterampilan Proses Sains
Risti Amalia Sari, Arwin Surbakti, Neni Hasnunidah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap keterampilan proses sains pada materi pokok keanekaragaman hayati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sekampung dengan jumlah 148 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang dicuplik menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah 74 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretes-Postes Kelompok Non-ekuvalen. Instrumen yang digunakan adalah soal pretes dan postes keterampilan proses sains dalam bentuk essai. Data diambil dari nilai pretes dan postes. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Ankova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap keterampilan proses sains dengan nilai signifikansi 0,000. Keterampilan proses sains siswa pada kelompok inkuiri bebas yang dimodifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok inkuiri terbimbing dengan perbedaan rerata nilai sebesar 9,302.