Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kearifan Lokal

Ayu Nilna Li,izza DM, Mohammad Taufiq, Sri Hartatik, Nafiah Nafiah

Abstract


The purpose of this study was to determine the influence of Problem Based Learning learning to students' critical thinking. The sample of this study was using 1 class with a total of 40 students, using a pre-experimental trial, One Group Pretest-Posttest. Data collection technique used was pretest and posttest test method. To find out the influence can be proven by testing using the Wilcoxon Matched Pairs test Based on the output of "Test Statistics" it can be seen that Asymp.Sig. (2-tailed) is worth 0.000 <0.05, it can be concluded that hypothesis 1 (H1) is accepted. This means that there are differences between the value of the results of the pretest and posttest and there is an influence of the Problem Based Learning learning model on students' critical thinking skills with local wisdom ecosystem material. It can be concluded that this learning is feasible to be used for the learning process especially in science subjects with local wisdom ecosystem material.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan 1 kelas dengan jumlah 40 siswa, menggunakan uji coba pre eksperimen yaitu “One Group Pretest-Posttest”. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah metode tes pretest dan posttest. Untuk mengetahui adanya pengaruh dapat dibuktikan dengan di uji menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Berdasarkan output “Test Statistics” dapat diketahui bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan posttest dan terdapat adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan materi ekosistem kearifan lokal. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dengan materi ekosistem kearifan lokal.

 

Kata kunci: berpikir kritis siswa, model pembelajaran, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Ahmad, S. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Al-Tabany, T. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konstektual. Jakarta: PT Kharisma Kencana.

Amru, A. 2014. Penerapan Metode Kuder-Richardson (KR 20) dan Naive Bayes Classifier dalam Analisis Butir Soal Hasil Ujian Tengah Semester. Malang: Skripsi Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: Kencana.

Dianawati, N dan Pudjawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. Kutaselatan: Mimbar PGSD. 5 (2): 1-11.

Fraenkel, Jack R. And Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies.

Geovani. 2017. Ragam Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Karim. N. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Edumat jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 92-104.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 tentang Standart Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Maolani dan Cahyana. 2015. Metodologi Peneltian. Jakarta: PT Rajagravindo Persada.

Ngalimun. 2017. Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Dua Satria Offet.

Nuryanti, Zubaidah, Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Pengembangan. 3 (2): 155-158.

Priansa, D. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahayu, S dan Hasan M. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4(1): 117-128.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variable-Variable Penelitian. Bandung: Alvabeta.

Rojihah dan Hasanah. 2015. Perbedaan Polical, Awaraness dilihat dari peran Gender Pemilih Pemula. Jakarta: Jurnal Mediasi. 1 (1): 59-66.

Sagala, H. S. 2008. Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengambangan Pembelajaran Bagi Guru yang Profesional. Jurnal Tabularasa. 5 (1).

Sanjaya. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Solidyah dan Wachidah. 2014. Uji Modifikasi Peringkat Bertanda Wilcoxon untuk Masalah dua Sampel Berpasangan. Prosiding Statistika. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. N. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantowo. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Suprihatiningrum, J. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Warsono dan Hariyanto. 2016 .Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wena, M. 2016.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.