Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik
Abstract
The aim of this research ware to determine the effect of discovery learning on student’s activities and cognitive learning outcomes. The design that being used was the measurement of the experiment by applying Non Equivalent Control Group Design Posttest. The sample of this research were 64 student’s of VIID and VIIF classes that were selected by cluster random sampling technique. The research instrument used pretest-posttest and observation sheets of student’s activities. The activity data were analyzed descriptively, while the learning result analyzed by the Independent Sample t-Test at the 5% of confidence level. The result of the research showed that the pencentage of overall activity was 71,4 which belonged as good criteria. While in the experimental class, student’s cognitive learning outcomes differed significantly from the control class. The average of N-gain values in the experimental class was 0,66 while the control class was 0,30. Therefore, that the discovery learning model had effected on student’s activities and significant to cognitive learning outcomes of student’s.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Desain yang digunakan yaitu eksperimen dengan Pretes Postes Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIID dan VIIF yang berjumlah 64 orang dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data aktivitas dianalisis secara deskriptif, sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas keseluruhan sebesar 71,4 termasuk kriteria baik. Sedangkan hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas ekperimen sebesar 0,66 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,30. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap aktivitas dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.
Kata kunci: aktivitas, discovery learning, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Ardiningrum, N. 2011. Peningkatan Hasil belajar PKn melalui pembelajaran aktif LSQ (Lear-ning start with a question) pada siswa kelas IV SD Negeri pakah I Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Djamarah, S. B. 2010. Guru Dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Dwiyatmo, K. 2007. Pencemaran Lingkungan dan Penanganan-nya. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Hake, R. R. 2005. Analyzi g Cha-nge/Gain Scores. (Online), (www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf), diakses pada 27 Januari 2019.
Hasmiati, Jamilah, Muhammad K. M. 2017. Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembela-jaran Pertumbuhan dan Per-kembangan dengan Metode Praktikum. Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ke-guruan UIN. Jurnal Bioter-didik. 5 (1): 21-35.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Sain-tifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kuri-kulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Melani, R., Harlita, Sugiharto, B. 2012. Pengaruh Metode Guide Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta didik SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi UNS. Semarang. 4 (10): 97-105.
Nasution. 2015. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Zemmars.
OECD, 2014. PISA 2012 Result: What Student Know and Can Do. Canada: OECD.
Prihartini, E., Harahap, F., Sudibyo, M. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pence-maran Lingkungan Siswa SMA Negeri 2. Medan. Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya. 3 (2): 379-392.
Purwanto, N. 2011. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengaja-ran. Bandung: Remaja Ros-dakarya.
Puspitasari, A. 2016. Efektivitas Pembelajaran Materi Pence-maran Lingkungan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di SMP Negeri 3 Ba-tang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Putri, H. R., Lesmono, D., Aristya. D. P. 2017. Pengaruh Model Discovery Learnig Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembela-jaran Fisika. 6 (2): 13-180.
Rahayu, P., Mulyani, S., Miswadi, S. S. 2012. Pengembangan Pem-belajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembela-jaran Problem Base melalui Lesson Study. Jurnal Pendidi-kan IPA Indonesia. 1 (1): 63-70.
Riptyawati, E. 2014. Upaya Mening-katkan Hasil Belajar Konsep Sistem Koordinasi dan Alat Indera melalui Metode Per-mainan Who Wants To Be A Smart Student pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Bandung Tahun 2013/2014. Bandung: Jurnal Phenomenon 4 (2): 63–78.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuan-titatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo, E., Mubarok, C. 2014. Penerapan Model Pembelaja-ran Discovery Learning terha-dap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV pada Standar Kompe-tensi Melakukan Instalasi So-und System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(1): 215-221.
Suprihatin,E., Isnaeni, W., Christi-janti, W. 2014. Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Ma-teri Sistem Pencernaan dengan Penerapan Strategi Pembela-jaran Discovery Learning. Journal of Biology Education 3 (3): 275-282.
Wenning, C. J. 2010. Level of Inquiry: Using Inquiry Spe-ctrum Learning Squences to Teach Science. Journal Physics Teacher education. 5 (3): 11-20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.