Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Puput Agustin Pertiwi, Neni Hasnunidah, Dewi Lengkana

Abstract


This study aimed to find out the effect of Argument-Driven Inquiry (ADI) learning model, student's academic ability, and the interaction between learning models and academic ability on the students’ critical thinking skills. The population was students of class MTs Bandar Lampung City. The Samples were students of class VIII D and VIII E which were selected from the population by random cluster sampling technique. The study was quasi-experimental with Pretest Post-test Non Equivalent Control Group Design. The data were statistically analyzed using Ancova test and LSD. The results showed that the learning ADI model, and academic ability significantly influenced critical thinking skills with significant value of each were 0,000 and 0,001. While interaction between the ADI model and academic ability does not have significant effect an critical thinking skills with a significance value of 0,251.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), kemampuan akademik peserta didik, dan interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Post-test Non Equivalent Control Group Design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI dan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000 dan  0,001. Sedangkan interaksi antara model ADI dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,251.

 

Kata kunci: argument-driven inquiry, kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis



Full Text:

PDF

References


Cottrell, S. 2005. Critical Thinking Skills Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palcrave Macmillan.

Demircioglu, T., dan Ucar, S. 2015. Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educa-tional Sciences: Theory & Practice, 15 (1), 267-283.

Depdiknas. 2003. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata pelaja-ran Ilmu IPA. Jakarta: Depdikbud.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Hassoubah. 2008. Developing Creative & Critical Thinking: Cara Berpikir Kreatif dan Kritis.Bandung: Nuansa.

Hasung, K. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik. Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Kimia. 7 (2): 1-13.

Husniati, A., Suciati, dan Maridi. 2016. Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Disertai Diagram Pohon Pada Materi Fotosintesis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Prosiding Seminar Nasional. Pendidikan Sains.

Mufida, R. H., Mahanal, S., dan Zubaidah, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Reading-Concept-Map-Student Team Achievement Divission Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA.Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhfahroyin. 2009. Pengaruh Strategi Think Pair Share (TPS) dan KemampuanAkademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kota Metro. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 16 (2): 1-8.

Nurramadhani, A. 2016. Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi dan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Tema Pencemaran Lingkungan (skripsi).Bandung: Uni-versitas Pendidikan Indonesia.

OECD. 2016. PISA 2015. Result in Focus. New York: Columbia University. (Online), (http:// www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf tanggal 3 Desember 2018).

Prayitno dan Belferik, M. 2010. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Medan: Pascasarjana UNM.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sampson, V dan Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-472.

Sampson, V., Grooms, J., Enderle, P., dan Southerland, S. 2012. Using laboratory activities that emphasize argumentation and argument to help high school students learn how to engage in scientific inquiry and understand the nature of scientific inquiry. Paper presented at the annual international conference of the National Association for Research in Science Teaching (NARST).

Trianto, I. B. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media

Warouw, Z. W, M. 2009. Pengaruh Pembelajaran Metakognitif dalam Strategi Cooperative Script and Reciprocal Teaching pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Kemampuan dan Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi Siswa, serta Retensinya di SMP Negeri Manado. Skripsi. Manado: Universitas Negeri Manado.

Winarni, E. W. 2006. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA- Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah Siswa kelasV SD dengan Tingkat Kemampuan Akademik Berbeda di Kota Bengkulu. Malang: Program Pascasarjana UM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.