Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan
Abstract
This research was conducted to find out the effect of Adiwiyata program and the environmental care attitude. Research design was ex post facto. Sampling technique was purposive sampling, there were 108 students taken as samples from 20 % population. Research data were obtained from test and questionnaire, analyzed by using Independent sample t-Test. Result of the research showed that environmental knowledge value in Adiwiyata was and non Adiwiyata school was . Environmental care attitude in Adiwiyata school was 85 4,9 and non Adiwiyata school was 81 6,8. The results showed that there was an effect of Adiwiyata program on environmental knowledge proven by the value (p=0,000 ≤ 0,05). The environmental care attitude was affected by Adiwiyata program proven by the value (p=0,003 ≤ 0,05).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Adiwiyata terhadap pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain ex post facto. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling bertujuan khusus (purposive sampling) , sampel berjumlah 108 siswa yang diambil dari 20 % jumlah populasi. Data penelitian diperoleh dari soal tes dan kuisioner, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent sampel t-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai pengetahuan lingkungan pada sekolah program Adiwiyata sebesar dan untuk sekolah non program Adiwiyata. Sikap peduli lingkungan pada sekolah program Adiwiyata sebesar 85 4,9 dan 81 6,8 untuk sekolah non program Adiwiyata. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh program Adiwiyata terhadap pengetahuan lingkungan dibuktikan dengan nilai (p=0,000 ≤ 0,05). Sikap peduli lingkungan terdapat pengaruh oleh program Adiwiyata dibuktikan dengan nilai (p=0,003 ≤ 0,05).
Kata kunci: Adiwiyata, pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Desfandi, M. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Social Science Education Journal. 2 (1): 36-46.
Febriyanti, Y. 2016. Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pedul Lingkungan Hidup Siswa di SMA Negeri Kota Medan. Tesis. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.
Hasan, M. dan Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Edisi Ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.
Hasri, Hanna. 2015. Pembuatan Video Pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Kondisi Lokal Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap. Skripsi. Yogyakarta: UGM.
Hillary, M. 2013. Peer Education : Promoting Health Behaviors. Washington DC: Advocates fot Youth.
Iswari dan Utomo. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan. 15 (1). 35-41.
Mulyaningsih, T. 2014. Pengelolaan Lubang Resapan Biopori Secara Berkelanjutan di Kelurahan Langkapura Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia. 2013. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Jakarta: Permenlh. (http://blh.jogjaprov .go.id/data/1/53/38484866.pdf, Diakses pada tanggal 22 Mei 2017 15:30 WIB)
Priyanto, Sasmito, Soemarno dan Zaenal. 2013. Pendidikan berspektif lingkungan menuju pembangunan berkelanjutan environmental perspective education toward sustainable development. Journal. 16 (1). 42-59.
Sudaryono, Margono dan Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Tamara, R. 2016. Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi. 16 (1): 44–55.
Thamrin dan Syofnelli. 2016. Pengaruh program Adiwiyata terhadap pengetahuan perilaku dan keterampilan siswa dan guru dalam mengelola lingkungan pada SMK di Kabupaten Pelalawan. Jurnal. 3 (1): 19-30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.