Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen non-equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan program statistik SPSS 20. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa pendekatan kontekstual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata kunci:hasil belajar, IPS, pendekatan kontekstual.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darma, Susila. 2013. Pengaruh Pen-dekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa di SMP 2 Singaraja.http://-jurnal.untan.ac.id/index.php-/jpdp/article/view/8146. Di-akses pada 5 Maret 2017.
Depdiknas. 2008. Standar Isi Kuri-kulum KTSP 2006. Jakarta.
Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.
Khidijah, Siti. 2014. Pengaruh Pen-dekatan Pembelajaran Kon-tekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Tawakal Denpasar. http:/-/www.ejurnal.com/2015/06/pengaruh-metode konteks-tual-terhadap_7.html. Diak-ses pada 8 Maret 2017.
Komalasari. Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung. Refika Aditama.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.
Sapriya, dkk,. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung. UPI Press.
Saputra, Wina . 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
_________. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.